Lomba MTQ Perkuat Ajaran Alquran untuk Diamalkan Sehari-hari

Wirobrajan –  Lomba Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) jenjang Sekolah Menengah Pertama tingkat Kota Yogyakarta Tahun 2022 diikuti 414 siswa yang berasal dari 35 SMP negeri dan swasta di Kota Yogyakarta yang dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta pada Sabtu (15/10).

Lomba MTQ jenjang SMP tingkat Kota Yogyakarta tahun 2022 dibuka oleh Penjabat (Pj) Walikota Yogyakarta Sumadi dengan menabuh bedug hadroh, kemudian dilanjutkan dengan Defile Kafilah MTQ dari tempat Pembukaan MTQ menuju lokasi lomba dengan memberikan salam hormat kepada Pj Walikota Yogyakarta beserta tamu undangan.

Penjabat Walikota Yogyakarta Sumadi dalam sambutannya menyampaikan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tidak hanya sekadar sebuah lomba membaca, menghafal, atau mengkaji isi Alquran. Kegiatan ini menjadi bisa menjadi sebuah syiar untuk memperkuat keberadaan dan ajaran yang ada dalam Alquran untuk diamalkan dalam kehidupan kita sehari-hari.

“Lomba MTQ jenjang SMP ini menjadi sarana yang efektif membentuk generasi Islam yang cerdas, berwawasan maju, mempunyai akhlak terpuji serta berkarakter. Saya berharap, dari kegiatan ini akan lahir pemimpin-pemimpin yang kompeten dan amanah di masa yang akan datang,” terang Sumadi.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kota Yogyakarta Budi Santosa Asrori menjelaskan kegiatan MTQ 2022 diselenggarakan untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya melalui pendidikan karakter yaitu religiusitas, integritas, nasionalisme, kemandirian, dan gotong royong menuju profil pelajar Pancasila yang beriman, bertakwa  kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia.

“Kami berharap dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kompetisi para siswa di bidang keterampilan dan seni Pendidikan Agama Islam serta kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi kami kepada para siswa yang memiliki kelebihan di bidang tertentu dan menjadi motivasi agar terus berkembang,” ujar Budi.

Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ini melaksakan 14 jenis perlombaan, diantaranya Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Musabaqah Tartil Quran (MTtQ), Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ), Musabaqah Adzan (Maz), Lomba Cerdas Cermat PAI (LCP), Musabaqah Syarhil Quran (MSQ), Musabaqah Khutbah Jumat (MKJ), Lomba Kaligrafi Islam (LKI) dan Lomba Pidato PAI (LPP). Pemenang MTQ SMP 2022 tingkat Kota Yogyakarta akan mendapatkan tropi, piagam penghargaan dan uang pembinaan. (Chi)