Pendidikan dan Pariwisata Kekuatan Pembangunan Kota Yogya

Umbulharjo - Pemerintah Kota Yogyakarta menerima kunjungan kerja dari Pemerintah Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Rombongan dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan Dian Rachmat Yanuar, diterima oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya di Ruang Yudistira Balaikota Yogyakarta pada Jumat (21/10). 

Dian Rachmat Yanuar menyampaikan tujuan kunjungannya ke Kota Yogyakarta ini bermaksud untuk melakukan studi banding terkait tata kelola perencanaan program dan kegiatan di lingkungan sekretariat daerah Kabupaten Kuningan.

"Kami datang ke Kota Yogyakarta untuk berdiskusi terkait tiga sektor yakni sektor UMKM, sektor pariwisata dan inovasi yang ada di Kota Yogyakarta. Kami sangat berharap bisa banyak belajar dan dapat kami implementasikan di Pemerintah Kabupaten Kuningan," ungkap Rachmat.

Aman Yuriadijaya menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Yogyakarta kekuatan pembangunan di Kota Yogyakarta terletak di sektor pendidikan dan sektor pariwisata. Kedua sektor tersebut menjadi lokomotif perekonomian, sehingga apabila lokomotif ini mengalami hambatan tentu akan sangat mempengaruhi kekuatan Yogyakarta dalam konteks pembangunan maupun ekonomian masyarakat.

Selain sektor pendidikan dan pariwisata  bukan berarti diabaikan tetapi sektor-sektor lain harus menyesuaikan dan harus menjadi gerbong yang ditarik oleh dua lokomotif ini. Jadi sektor lain tetap jalan tetapi warna atmosfernya harus disesuaikan dengan kepentingan pendidikan pariwisata.

"Misalnya sektor pertanian tetap kami dorong, kemudian bagaimana pertanian itu  memberi dukungan pada kepentingan rekreasi sehingga berkaitan dengan kepentingan pariwisata," jelasnya. (Chi)