UMKM Bangkit Tegalrejo Makmur Kenalkan Wirausaha Wilayah

 


Tegalrejo - Masih suasana kemeriahan HUT Ke-266 Kota Jogja ratusan pelaku UMKM di wilayah Tegalrejo melaksanakan Gelar Seni Budaya dan Potensi UMKM se-Kemantren Tegalrejo yang bertema 'UMKM Bangkit Tegalrejo Makmur' dilaksanakan pada 22-23 Oktober 2022 di Monumen Diponegoro Yogyakarta. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya.

"Semoga segala macam potensi seni budaya dan UMKM ini dapat membangkitkan perekonomian terutama di wilayah Tegalrejo," ujar Aman saat sambutan, Sabtu (22/10).

Selain itu kegiatan ini dalam rangka bangkit dan pulih kembali dari efek pandemi Covid-19 dua tahun silam. Aman mengungkapkan, apresiasi bagi segenap warga penggiat seni dan budaya, pelaku wirausaha UMKM, serta berbagai pemangku kepentingan di Kemantren Tegalrejo yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Sehingga acara ini dapat berjalan lancar sampai dengan penutupannya esok hari.

Kegiatan ini diharapkan menjadi sarana edukasi, pelestarian tradisi bagi generasi muda dan anak-anak, agar kearifan lokal nilai-nilai budaya Mataram Ngayogyakarta tetap lestari di masa mendatang, dan tidak tergerus oleh budaya asing dan perkembangan jaman.

"Tentunya dengan demikian kegiatan ini semakin memperkuat identitas Yogyakarta sebagai Kota Seni, Kota Wisata, Kota Pendidikan, serta Kota Perjuangan, yang kaya dengan warisan sejarah seni budaya adiluhung serta kaya dengan potensi wirausaha-wirausaha yang tangguh dan ulet," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Juwairiyah mengatakan, antusias warga sangat luarbiasa dimana target awal pelaku UMKM yang ikut hanyalah 60 UMKM tetapi mencapai hingga 100 UMKM yang ikut memeriahkan kegiatan ini. Ratusan UMKM ini dibentuk dengan nama Pasar Online Teglrejo (Pasajo).

Selain UMKM acara ini melombakan tanaman hias milik warga, diharapkan dengan berbagai kegiatan yang dirangkum dalam Gelar Seni Budaya dan Potensi UMKM di Tegalrejo dapat membuat wisatawan tertarik untuk berkunjung ke Tegalrejo.

"Harapannya tegalrejo bisa bangkit dan makmur. Sehingga ini sebagai bentuk unjuk potensi UMKM di wilayah Tegalrejo agar perekonomian bangkit dimulai dengan pengenalan produk UMKM diwilayah. Selain itu kegiatan ini menampilkan tari-tarian, senam massal dan ditutup dengan penampilan jathilan," ujarnya. 

Salah satu UMKM Batik Evi mengungkapkan rasa senangnya mengikuti kegiatan tersebut. Ia berharap ini akan terus berlanjut tidak hanya saat acara besar namun rutin dilakukan. ''Semoga ini terus berlanjut, sehingga kita memiliki lapak selain dirumah berjualan online juga bisa memamerkan batik pada pameran yang secara rutin dilakukan oleh Kemantren Tegalrejo ke depannya," jelasnya. (Hes)