Gebyar Sumpah Pemuda, Beri Ruang Kreasi dan Apresiasi Pemuda Kota Yogya

Danurejan - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kota Yogya melangsungkan Gebyar Sumpah Pemuda, dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022, pada Jumat (28/10), di kawasan pedestrian Jalan Malioboro.

Gebyar Sumpah Pemuda merupakan puncak dari rangkaian kegiatan yang sudah digelar selama sepekan sejak tanggal 22 Oktober 2022 lalu. Dimulai dengan Expo Karya Pemuda yang merupakan pameran hasil karya pemuda Kota Yogyakarta pada bidang kerajinan, kuliner, dan fesyen, di Atrium Plaza Malioboro. Selain Expo Karya Pemuda, ada juga gelaran Pemuda Jogja Mencari Bakat ke-5. Suatu perlombaan musik antar grup band dengan membawakan lagu bertema kebangsaan.

Kepala Dindikpora Kota Yogyakarta, Budi Asrori mengatakan, Gebyar Sumpah Pemuda bertujuan untuk memberikan ruang ekspresi dan kreasi bagi para pemuda di Kota Yogya sesuai dengan minat dan bakatnya masing-masing.

“Pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ini harapannya pemuda di Kota Yogya tetap dapat menginternalisasi semangat Sumpah Pemuda dan semangat bela negara, serta terus memiliki semangat berkarya sesuai minat dan bakatnya,” jelasnya.

Penjabat (Pj) Walikota Yogyakarta Sumadi, dalam sambutannya menyampaikan, melalui peringatan Hari Sumpah Pemuda, menjadi momentum untuk perkuat komitmen yang telah dibangun oleh segenap pemuda, dengan persatuan dan kesatuan yang kokoh untuk mewujudkan cita-cita bangsa,” ujarnya. 

Pemuda yang memiliki karakter tangguh, lanjut Sumadi, adalah yang bermoral dan berkinerja. Memiliki intelektualitas, kemampuan memimpin, kewirausahaan, serta kepeloporan yang mumpuni, sebagai bekal pemuda menghadapi tantangan globalisasi.

“Pada momen ini harapannya para pemuda Kota Yogya terus membuka pandangan dan wawasan terhadap isu-isu di sekitar, dan bergerak secara aktif untuk mempelopori kegiatan kepemudaan yang bermanfaat untuk masyarakat sekitar,” tambahnya.

Dalam gelaran Gebyar Sumpah Pemuda, Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta melalui Dindikpora tidak hanya memberikan panggung dan ruang kreasi bagi para pemuda Kota Yogya saja, tapi juga memberikan penghargaan kepada Pemuda Inspiratif Kota Yogyakarta Tahun 2022.

Beberapa di antaranya adalah Paskibraka Nasional 2022 Ghania Taufiqa Salma, Peraih Medali Emas Asian Para Games Catur Gayuh Satrio, Kader Pemimpin Muda Nasional 2022 Putri Kumala Devianti, Duta Pemuda Kota Yogya 2022 Ferian Fembriansyah, serta Skuat Peraih Piala AFF U16 Fadel Ahmad Arrafi dan Achmad Zidan Ar-Rosyid.

Duta Pemuda Kota Yogya 2022 Ferian Fembriansyah, yang telah mengikuti Program Pertukaran Pemuda Antar Provinsi (PPAP) selama satu bulan di Distrik Sidey Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat, pada momen Hari Sumpah Pemuda mengajak para pemuda agar terlibat dalam aktivitas kepeloporan.

“Kami para pemuda jika ingin perubahan, maka dimulai dari diri sendiri. Tidak hanya menunggu dan mengikuti perubahan, tapi kita juga bisa berperan, mempelopori suatu kegiatan yang bisa mengubah satu hal sederhana ke arah yang lebih baik dalam kehidupan bermasyarakat,” ungkapnya. (Jul)