Pemkot Yogya Jadi Contoh Penilaian SAKIP

Umbulharjo - Pemerintah Kota Yogyakarta menerima kunjungan kerja dari Pemerintah Kota Kotamobagu Sulawesi Utara. Rombongan dipimpin oleh Walikota Kota Kotamobagu Tatong Bara, diterima oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Yogyakarta Kadri Renggono di Ruang Yudistira Balaikota Yogyakarta pada Rabu (02/11). 

Tatong Bara menyampaikan tujuan kunjungannya ke Kota Yogyakarta bermaksud untuk melakukan studi banding terkait tata kelola perencanaan program dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di lingkungan Pemerintah Kota Kotamobagu.

“Kami berharap melalui studi lapangan ini ada proses pembelajaran dan bisa mengimplementasikannya untuk meningkatkan nilai SAKIP Pemerintah Kota Kotamobagu serta bagaimana peran Inspektorat dalam melakukan pengawalan,” terang Bara.

Kadri Renggono menyampaikan rasa terima kasih atas kepercayaan Pemerintah Kota Kotamobagu yang telah memilih Pemerintah Kota Yogyakarta. "Terkait dengan SAKIP, Inspektorat Kota Yogyakarta tidak hanya melakukan evaluasi, namun lebih dari itu. Inspektorat Kota Yogyakarta harus bisa memahami perangkat daerah yang menjadi mitranya untuk saling bekerja sama," terangnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Inspektur Inspektorat Kota Yogyakarta, Fitri Paulina Andriani bahwa Inspektorat Kota Yogyakarta saling berkolaborasi dan terus berkomunikasi menjalin hubungan mitra yang baik dengan perangkat daerah lain. Selain itu, Inspektoran Kota Yogyakarta melakukan perjanjian kinerja dengan masing-masing sekretaris perangkat daerah.

"Kami melakukan pendampingan dengan melakukan konsultasi yang lebih luas, sehingga setiap perangkat daerah dapat menghasilkan nilai yang maksimal. Dari masing-masing perangkat daerah dengan nilai yang sangat baik, akan berujung dengan nilai SAKIP Pemerintah Kota Yogyakarta juga semakin baik," ujar Fitri. (Chi)