Tegakan Semangat Kesatuan Lewat Lomba Baris Berbaris     

UMBULHARJO- Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga menyelenggarakan Lomba Baris Berbaris Merah Putih untuk pelajar tingkat SMP dan SMA/SMK. Melalui lomba baris berbaris itu diharapkan dapat menegakan semangat kesatuan para pelajar di Kota Yogyakarta.

“Harapannya dengan lomba baris berbaris ini akan muncul semangat kegotongroyongan, kekompakan dan kesatuan di antara adik-adik semua,” kata Sekretaris Daerah Pemkot Yogyakarta, Aman Yuriadijaya saat membuka lomba baris berbaris di halaman Stadion Mandala Krida Yogyakarta, Sabtu (5/11/2022).

Menurutnya lomba baris berbaris para pelajar itu adalah bagian dari cara Pemkot Yogyakarta untuk membangun semangat kebanggaan dan kebersamaan. Termasuk menjadi bagian dari modal sosial agar persatuan dan kesatuan mampu diteguhkan dan ditegakkan di Kota Yogyakarta.

“Artinya lomba ini membawa manfaat yang besar bagi kita semua. Oleh karenanya mari ikuti lomba baris berbaris ini dengan sebaik-baiknya,” ujar Aman.

Lomba Baris Berbaris Merah Putih dilaksanakan Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga Kota Yogyakarta bekerja sama dengan Purna Paskibraka Kota Yogyakarta. Lomba baris berbaris pelajar itu sebelumnya vakum selama 2 tahun karena pandemi Covid-19. Lomba baris berbaris pelajar Kota Yogyakarta akhirnya bisa digelar kembali pada tahun 2022

Koordinator Lomba Baris Berbaris Merah Putih XXIII Dewangga Damarjati mengatakan lomba tahun ini mengangkat tema Arswantara yang dimaknai sebagai cahaya matahari terbit. Semangat Arswantara ini menjadi momentum bangkitnya kegiatan baris-berbaris di Kota Yogyakarta setelah 2 tahun tidak diadakan karena pandemi Covid-19.

“Tujuan lomba baris berbaris ini untuk memberikan semangat patriotisme kepada generasi muda SMP dan SMA di Yogya, Kegiatan ini juga untuk mencari bibit-bibit paskibraka,” tambah Dewangga.

Dia menyebut Lomba Baris Berbaris Merah Putih tahun 2022 diikuti 46 peleton putri dan putra dari jenjang SMP dan SMA/SMK di wilayah Kota Yogyakarta. Lomba baris berbaris diadakan selama dua hari dengan rincian Sabtu (5/11/2022) untuk peleton putri dan pada Minggu (6/11/2022) bagi peleton putra.

“Dalam lomba baris berbaris ini dinilai dari kerapian, ketegasan, teknik dan danton (komandan peleton,” imbuhnya.

Selain itu dia menyatakan kegiatan lomba baris berbaris itu untuk membangun suasana kompetitif dan sportif dalam baris berbaris serta pengarah minat dan bakat dalam bidang baris berbaris. Di samping itu membentuk kader muda disiplin semangat nasionalisme dan patriotisme serta untuk mengukir prestasi pada bidang baris berbaris.(Tri)