Wisata Edukasi SASKIA Ajak Pelajar Kota Yogya Berkreasi di Akhir Pekan

Mantrijeron - Untuk menarik minat baca bagi para generasi muda, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Yogyakarta miliki program seru tiap akhir pekan, progam ini adalah Sabtu Seru di Perpustakaan Kota Yogyakarta atau SASKIA.

Hal tersebut disampaikan Pustakawan Ahli Muda Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Yogyakarta Sri Anik Lestari, pada Sabtu (5/11) di Perpustakaan Pevita. Dijelaskan Sri Anik, program SASKIA merupakan salah satu layanan perpustakaan khususnya pada setiap hari Sabtu agar masyarakat mengunjungi perpustakaan.

“Khususnya pelajar tingkat dasar hinnga menengah yaitu SD dan SMP, bersama keluarga di sela hari libur akhir pekan mereka untuk mengunjungi perpustakaan. Tujuan dari kegiatan SASKIA adalah untuk meningkatkan literasi, kreativitas dan wawasan anak,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Sri Anik, melalui kegiatan ini diharapkan anak-anak dapat memanfaatkan libur sekolah di hari Sabtu dengan kegiatan yang positif. Menjadikan Perpustakaan sebagai tempat yang menyenangkan untuk belajar dan berkreasi.

Kegiatan SASKIA kali ini mengangkat tema Kreasi Tie Dye dan Kreasi Decoupage. Dengan diikuti oleh 50 peserta, yang merupakan Siswa SD dan MI di Kota Yogyakarta. Pelaksanaan kegiatannya berlangsung di dua lokasi yaitu Perpustakaan Kota Yogyakarta Kotabaru dan Perpustakaan Pevita. Dengan menghadirkan instruktur dari Omah Kreatif Loedji 16.

Salah satu instruktur pelatihan, Amiluddin Aziz mengatakan, sangat mengapresiasi dan berharap kegiatan SASKIA dapat terus diselenggarakan dengan tema-tema yang menarik bagi anak-anak.

“Kegiatan SASKIA merupakan inovasi yang bagus dari Perpustakaan Kota Yogyakarta karena waktu saya sekolah ke perpustakaan hanya membaca buku. Melalui kegiatan ini, Perpustakaan memberikan fasilitas kepada anak-anak untuk mengembangkan kreativitasnya,” ujarnya.

Senada dengan itu, salah satu orang tua peserta SASKIA yaitu Mega juga berharap, kegiatan ini dapat terus berlanjut untuk memberikan pilihan kegiatan positif dan produktif di akhir pekan bagi anak-anak di Kota Yogyakarta.

“Kegiatan SASKIA memberi banyak manfaat bagi anak-anak, dapat melatih anak menjadi lebih kreatif, memotivasi anak untuk berkarya dan memberikan pengalaman baru. Tentunya ini adalah kegiatan positif yang sangat cocok untuk dilakukan di akhir pekan,” ungkapnya. (Jul)