Tokopedia Bantu UMKM Kembangkan Pasar Digital

 


Gondokusuman - Pemerintah Kota Yogyakarta dan PT Tokopedia melaksanakan penandatanganan kesepakatan kerjasama tentang kerja sama pembangunan ekonomi daerah, penyelenggaraan layanan publik dan pengembangan ekosistem digital di Kota Yogyakarta. Kesepakatan ini ditanda tangani oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Yogyakarta Kadri Renggono danKepala Divis Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Daerah PT Tokopedia Emmiryzan di Grand Kangen Hotel Yogyakarta pada Selasa (8/11).

Emmiryzan menyampaikan bahwa kesepakatan kerja sama ini merupakan bentuk komitmen PT Tokopedia dalam rangka membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di pasca pandemi Covid 19.

"Dengan optimalisasi griya umkm yang bermanfaat bagi pelaku UMKM Kota Yogyakarta kami berharap dapat mengembangkan, menjaga kualitas, meningkatkan penjualan melalui pasar online," ujarnya.

 Emmiryzan juga berharap kesepakatan ini dapat mendukung transformasi dan ekosistem ekonomi digital yang tidak hanya membantu pelaku UMKM namun juga keseluruhan masyarakat di Kota Yogyakarta. 
 
"Semoga kesepakatan ini dapat membantu UMKM secara digital sehingga UMKM bisa menjadi penopang dan tulang punggung perekonomian di Kota Yogyakarta," tambahnya.

Selain melakukan optimalisasi griya UMKM yang bermanfaat bagi pelaku UKM Kota Yogyakarta, kesepakatan ini nantinya akan melaksanakan pembinaan kepada pelaku UMKM di Kota Yogya.

Kadri Renggono mengatakan pemanfaatan pasar daring atau online marketplace yang dimiliki dan dikelola oleh PT Tokopedia merupakan peluang besar untuk pelaku UMKM di Kota Yogya.

"Kesepakatan ini tentunya akan memberikan keuntungan bagi pelaku UMKM untuk  meningkatkan usaha. Peluang yang sangat besar untuk mengenalkan, mengembangkan dan meluaskan jaringan yang lebih luas hingga dikenal di seluruh Indonesia," ujar Kadri.

Kepala Dinas Perindustrian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Yogyakarta Tri Karyadi Riyanto kerja sama harus ditindaklanjuti dan dilaksanakan dengan baik, dengan harapan UMKM di Kota Yogya juga semakin baik lagi.

"Kerjasama ini harus terus kita kembangkan dan Tokopedia akan mewarnai UMKM di Kota Yogyakarta," ungkap Tri Karyadi. (Chi)