Purna Paskibraka Indonesia Dukung Kegiataan Kepemudaan di Kota Yogya

 


Penjabat Walikota Yogyakarta Sumadi didampingi Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kota Yogyakarta Budi Asrori menerima kunjungan dari Walikota Bukittinggi Provinsi Sumatera Barat Erman Safar beserta 90 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka  (Paskibraka) Bukittinggi pada Rabu (9/11) di Ruang Bima Balaikota Yogyakarta.

Sumadi berharap dengan kunjungan tersebut dapat menambah silaturahmi antara kedua belah pihak untuk saling mendukung paskibraka satu dan lainnya agar tercipta anggota paskibraka yang disiplin, bertalenta serta berkualitas.

"Rombongan paskibraka dari Bukittinggi ini berjumlah 90 orang termasuk Purna Paskibraka Indonesia (PPI). Saya berharap, para anggota paskibraka Bukittinggi yang ikut ke Kota Yogyakarta dapat menerapkan ilmu apa saja yang dilakukan paskibraka Kota Yogyakarta dan dapat di terapkan di kota asal," jelas Walikota Bukittinggi Erman Safar saat sambutan.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dindikpora Kota Yogyakarta, Budi Asrori mengatakan, Pemerintah Kota Yogyakarta dalam setiap kegiatan kepemudaan selalu menggandeng para PPI untuk membantu kegiatan yang dilaksanakan oleh Dindikpora Kota Yogyakarta ataupun stakeholder lainnya.

"Kita terus mengembangkan potensi yang dimiliki oleh para anggota Purna Paskibraka Indonesia (PPI) melalui kegiatan-kegiatan kepemudaan. Hal ini agar mereka memiliki pengetahuan lebih dan dapat membantu para adik-adik baru paskibraka setelah purna,"katanya.

Pihaknya mengatakan, PPI sendiri merupakan organisasi yang beranggotakan mereka yang pernah bertugas sebagai anggota Paskibraka pada peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, baik di tingkat kabupaten/kota, provinsi atau nasional.

Sampai sekarang para PPI terus membantu pemerintah dalam kegiatan kepemudaan, salah satunya kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Dindikpora Kota Yogyakarta seperti Pemuda Pelopor dan Pemuda Wilayah.

Selain itu, para PPI juga membantu mendidik para paskibraka baru dalam mempersiapkan diri mengikuti lomba seperti Peleton Inti (tonti) yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh Pemerintah Kota Yogyakarta. ''Anggota PPI saat ini sedang mempersiapkan paskibraka yang akan datang untuk mulai dilatih agar terbentuk jiwa kedisiplinan dan ketrampilan. Sehingga jika sudah purna dapat ditularkan ke paskibraka selanjutnya," ujarnya.

Sementara itu, Penjabat Walikota Yogyakarta Sumadi mengungkapkan, selain diberikan ilmu kedisiplinan, kejujuran, ketaatan dan skill, para PPI juga diberikan reward berupa kunjungan ke Kota Bali dalam rangka bentuk apresiasi Pemerintah Kota Yogyakarta kepada anggota paskibraka dalam pencapainnya hingga dapat membanggakan Kota Yogyakarta.

"Seperti yang dilakukan oleh paskibraka Bukittinggi, kita juga memberikan apresiasi atas pencapaian anggota paskibraka dengan mengajak mereka untuk berkunjung ke Kota Bali. Hal ini sebagai bentuk terimakasih kami kepada mereka sudah berupaya dan membanggakan Kota Yogyakarta dengan segala macam capaian disetiap kegiatan yang dilakukan mereka,"jelasnya.

Ia berharap, semua paskibraka di seluruh Indonesia tidak hanya di Kota Yogyakarta, selalu memberikan yang terbaik dalam setiap kesempatan agar menjadi pemuda yang tangguh dan bermanfaat bagi sekitar. (Hes)