Job Fair 2022 Pemkot Yogya Sediakan 3914 Lowongan Pekerjaan

 


Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Yogyakarta menggelar Job Fair 2022 secara virtual. Gelaran bursa tenaga kerja ini dilaksanakan mulai tanggal 15-29 November 2022. 

Substansi Koordinator Penempatan dan Perluasan Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinsosnakertrans Kota Yogyakarta Sunarto mengatakan, sampai saat ini perusahaan yang mendaftar sebanyak 55 perusahaan dengan jumlah lowongan pekerjaan 3914 orang.

"Salah satu upaya pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran di Kota Yogyakarta dengan memberikan informasi terkait pekerjaan kepada masyarakat. Mudah-mudahan job fair virtual ini dapat menurunkan angka pengangguran atau pencari kerja di Kota Yogyakarta," jelas Sunarto saat diwawancara diruang kerjanya.

Pihaknya mengatakan, kegiatan bursa tenaga kerja ini dapat dilihat melalui Scan QR Code pada infografis melalui akun Twitter @PemkotJogja atau peserta dapat melakukan pendaftaran melalui laman  jobfair.jogjakota.go.id.

Tambahnya job fair tahun 2022 ini diikuti oleh berbagai perusahaan nasional dan multinasional, seperti Larissa, Mirota, Cokelat Monggo, BUMN PNM, Alfamidi, Rumah Sakit Happy Land, Indomaret, Fave Hotel, dan masih banyak lagi.

Sunarto berharap kegiatan ini mampu menurunkan angka pengangguran di Kota Yogyakarta. Dimana pada tahun 2019 angka pengangguran mencapai 3104 orang. Selanjutnya pada tahun 2021 angka pengangguran di Kota Yogyakarta sangatlah tinggi yakni mencapai 5626 orang. Hal ini diakibatkan adanya pandemi Covid-19.

Sedangkan untuk angka pengangguran tahun 2022 cenderung menurun dengan jumlah 3839 orang. "Indikasinya adalah semakin pulihnya perusahaan maka semakin banyak lowongan bagi pengangguran dan pencari kerja. Sehingga banyak yang mendapatkan pekerjaan," ujarnya.

Pihaknya berharap kegiatan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat yang sedang mencari pekerjaan.  ''Selain untuk masyarakat, kita berharap juga bagi perusahaan dapat ikut mendorong dan memfasilitasi para pencari kerja," katanya. 

Bagi masyarakat yang sedang mencari pekerjaan bisa mendaftarkan diri melalui Jogja Smart Service (JSS). Lowongan pekerjaan ini tidak hanya bisa diikuti oleh warga Kota Yogyakarta saja, namun bisa diikuti seluruh warga di Bantul, Sleman, Kulonprogo bahkan Gunungkidul. (Hes)

 

(Foto diatas merupakan dokumentasi Job Fair Tahun 2020)