Pentingnya Standardisasi dan Digitalisasi Perpustakaan Sekolah

Gondokusuman-Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Yogyakarta terus berkomitmen dalam memajukan pengelolaan berbagai jenis perpustakaan, termasuk untuk perpustakaan sekolah.

Komitmen tersebut dibuktikan dengan diselenggarakan workshop tenaga perpustakaan. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh pengelola perpustakaan tingkat SD/MI dan SMP/MTs ini digelar di aula SMPN 5 Yogyakarta, Selasa (15/11/2022).

Pelaksana tugas Kepala DPK Kota Yogyakarta, Suryatmi mengatakan perpustakaan sekolah merupakan bagian integral dari kegiatan pembelajaran dan berfungsi sebagai pusat sumber belajar untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan yang berkedudukan di sekolah.

"Dari fungsi tersebut perpustakaan menjadi penting diperhatikan terutama bagaimana penyelenggaraan perpustakaan sekolah dilaksanakan," katanya.

Terlebih adanya amanah bahwa setiap penyelenggaraan perpustakaan wajib berpedoman pada standar nasional perpustakaan seperti yang tertera pada pasal 9 ayat 2 Pemerintah Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2014 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan.

Selain itu, lanjutnya, perpustakaan sekolah juga dituntut mampu berperan dalam mencapai keberhasilan pada pelaksanaan kurikulum merdeka belajar.

"Maka dari itu tema yang kita angkat pada workshop ini adalah 'Standardisasi dan Digitalisasi Perpustakaan Sekolah Guna Mendukung Merdeka Belajar'," ujarnya.

Suryatmi berharap dengan acara tersebut pustakawan akan termotivasi untuk melaksanaan pengelolaan perpustakaan yang baik, serta mengikuti perkembangan pengetahuan dan teknologi.

"Terlebih dengan kurikulum merdeka belajar, dimana siswa memiliki kemerdekaan untuk mencari sumber ilmu dari manapun, salah satunya di perpustakaan," bebernya.

Sekda Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya menyambut baik acara tersebut, menurutnya perpustakaan sekolah hakikatnya merupakan suatu unit yang berperan penting dalam menunjang kegiatan belajar dan mengajar di sekolah. (Han)