Inovasi Unik Jadikan Pohon Pisang Sebagai Souvenir

Umbulharjo - Souvenir merupakan hal yang sering diberikan sebagai buah tangan saat hajatan pernikahan ataupun kepentingan lainnya. Uniknya souvenir yang satu ini dari tanaman pisang melalui teknologi kultur jaringan yang dijadikan sebagai souvenir oleh Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kota Yogyakarta.

Kepala DPP Kota Yogyakarta Suyana mengatakan, salah satu keunggulan yang dimiliki Kota Yogyakarta adalah tanaman pisang. Dimana hingga saat ini DPP Kota Yogyakarta memiliki ratusan jenis pisang yang terus dikembangkan melalui teknologi kultur jaringan.

"Melalui kultur jaringan ini, berbagai macam jenis pisang bisa kita kembangkan dan tanaman pisang juga bisa digunakan sebagai souvenir ataupun buah tangan bagi siapa saja yang singgah ke Kota Yogyakarta," ujar Suyana saat wawancara, Kamis (17/11) diruang kerjanya.

Ia berharap, dengan adanya inovasi ini jenis-jenis pisang terus berkembang dan menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Kota Yogyakarta dengan membawa souvenir berupa pohon pisang.

Menurutnya, souvenir pohon pisang dipilih sebagai souvenir yang diunggulkan karena tahan di berbagai cuaca dan rasanya pun tetap manis walaupun saat musim hujan ataupun kemarau. ''Souvenir ini bisa bertahan hingga satu bulan. Sampai saat ini saya belum pernah menemukan pohon pisang di dalam botol sebagai souvenir. Semoga dengan inovasi ini dapat menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Kota Yogyakarta," ujarnya.

Sementara itu Analis Laboratorium Kultur Jaringan DPP Kota Yogyakarta Anny Widi Astuti mengungkapkan, souvenir pisang ini berdasarkan pesanan. Karena persiapannya pun membutuhkan waktu. "Pisang yang akan menjadi souvenir ini melalui beberapa tahap. Jadi butuh waktu dalam menyiapkannya," ujarnya.

Tahapan yang dimaksud adalah pertama-tama botol dan alat disterilisasikan terlebih dahulu. Selanjutnya setelah itu, bibit pohon pisang dimasukkan ke botol dan tunggu selama tiga hari untuk melihat kestabilan tanaman. "Jika dirasa sudah siap, maka tinggal dipercantik menggunakan pita ataupun paperbag untuk menambah estetik souvenir," kata Anny.

Ia menjelaskan jenis-jenis pisang yang dijadikan souvenir antara lain, pisang raja bagus, pisang mas kirana, pisang kepok, pisang ambon, pisang cavendish dan lain sebagainya.

Tak hanya tanaman pisang saja yang bisa dijadikan souvenir, adapun tanaman hias seperti anggrek jenis dendrobium dan phalaenopsis. Selain itu ada bibit pohon keladi, aglaonema juga bisa dijadikan souvenir.

Pihaknya menambahkan untuk harga souvenir belum bisa dipastikan, namun jika anda berminat silahkan pesan langsung ke DPP Kota Yogyakarta di Jalan Lingkar Selatan, Malangan, Kelurahan Giwangan, Kemantren Umbulharjo Kota Yogyakarta. (Hes)