Kemendagri Apresiasi Laporan Pertanggungjawaban Penjabat Walikota

Umbulharjo – Penjabat (Pj) Walikota Yogyakarta, Sumadi menyampaikan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) periode Agustus hingga November 2022 kepada pejabat Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), pada Kamis (1/12).

Penyampaian LPJ tersebut merupakan yang kedua kalinya atau Triwulan II setelah sebelumnya di bulan Agustus, telah disampaikan LPJ Triwulan I periode Mei hingga Agustus 2022. Pemaparan LPJ dilangsungkan melalui zoom meeting dari Ruang Yudhistira, Balai Kota, dengan dihadiri kepala OPD di lingkup Pemerintah Kota Yogyakarta.

Dalam penyampaian LPJ Triwulan II pelaksanaan tugas sebagai Penjabat Walikota Yogyakarta, Sumadi memaparkan gambaran kondisi awal dan capaian selama memimpin Kota Yogya. Aspek yang dilaporkan meliputi capaian pada bidang pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan.

Pj Walikota Yogyakarta Sumadi, yang dilantik pada 22 Mei 2022 oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X itu mengungkapkan, Realisasi Anggaran Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tahun Anggaran 2022 sampai dengan November sudah mencapai 100,32 persen dari target.

Kemudian beberapa capaian pada bidang pemerintahan seperti aspek pelayanan publik mengalami kemajuan yang cukup signifikan. Dari yang semula per Agustus 2022 hanya ada 21 layanan di Mal Pelayanan Publik, sekarang bertambah 6 layanan menjadi 27 layanan. Beberapa layanan tersebut antara lain Pelayanan Komunikasi Informatika dan Persandian, Perpustakaan dan Kearsipan, Pengadilan Negeri Yogyakarta, Badan Narkotika Nasional Kota Yogyakarta, BPJS Ketenagakerjaan, dan Pelayanan Inklusi untuk disabilitas.

“Layanan di Mal Pelayanan Publik semakin bertambah yang semula ada 21 sekarang menjadi 27, yang Oktober lalu kami bersama Menteri PAN-RB meresmikannya. Melalui penambahan layanan terpadu ini bertujuan untuk semakin memudahkan dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” paparnya.

Sementara di bidang kemasyarakatan, pada aspek keamanan dan ketertiban masyarakat, pembentukan kampung panca tertib sudah sejumlah 134 kampung yang mendeklarasikan dan pembentukan pantib for school sejumlah 10 sekolah per November Tahun 2022.

Inspektur IV Itjen Kemendagri Arsan Latif, dalam tanggapannya pada pemaparan LPJ Triwulan II Pj Walikota Yogyakarta Sumadi, mengatakan bahwa apa yang telah dipaparkan sudah sesuai dengan ketentuan dan rekomendasi yang diberikan pada LPJ Triwulan I.

“Kami senang sekali mendengarkan paparan ini, jauh berbeda dan lebih baik dari paparan pertama, sudah komplit dan komprehensif, sudah memenuhi kriteria aspek indikator penilaian. Harapannya selaku Pj Walikota yang latar belakangnya adalah ASN dan sudah berpengalaman di pemerintahan, bisa membawa Kota Yogya terus semakin baik,” ungkapnya. (Jul)