Kampung Semanak Mergangsan Kidul Wujudkan Lingkungan Nyaman Huni dan Toleransi

Mergangsan-RW 24 Mergangsan Kidul, Kelurahan Wirogunan, Kemantren Mergangsan punya cara unik untuk mewujudkan kampung mereka menjadi kampung yang nyaman huni serta penuh dengan toleransi.

Yakni dengan cara mengajak anak-anak berdialog secara rutin dalam satu forum, kegiatan ini juga merupakan bagian dari program Kampung Semanak.

Sebagai informasi, RW 24 Mergangsan Kidul pada bulan Agustus lalu telah mendeklarasikan dirinya sebagai kampung Semanak. Kampung Semanak dimaksudkan sebagai ikhtiar bersama seluruh masyarakat di wilayah RW tersebut untuk membangun kebersamaan, keakraban, keramahan dan kekeluargaan.

Pada acara tersebut biasanya dihadiri sebanyak 50 anak dan remaja, mulai dari tingkat SD hingga Mahasiswa yang tinggal dan berdomisili di wilayah RW tersebut.

Ketua Umum LPMK Kelurahan Wirogunan, Abdul Razaq menyatakan, dialog anak ini dimaksudkan untuk mendengar harapan dan usulan anak dalam mewujudkan kampung semanak.

Harapan anak tersebut, lanjutnya, akan ditindak lanjuti dalam bentuk kegiatan dan disinkronkan dengan harapan orang tua, pengurus dan tokoh masyarakat.

"Kegiatan ini sebagai ikhtiar bersama dalam mewujudkan Kampung Semanak. Anak tidak lagi sebagai objek, namun juga subjek dalam mewujudkan kampung yang nyaman huni", ujarnya Jumat (2/12/2022).

Menurutnya, setiap anak mempunyai harapan di masa mendatang atas kampungnya. Disamping sebagai media pembelajaran bermasyarakat yang sangat berarti dan bermakna dalam hidupnya. Mengenalkan dan mempraktekkan nilai-nilai yang ada di masyarakat, yang dimulai dari dialog anak.

Sementara itu Ketua RW 24, Nugroho Sanyoto menegaskan, kampung semanak menjadi harapan warga RW 24 dan menjadi gerakan bersama seluruh warga.

 "Gagasan mewujudkan kampung semanak perlu menjadi gerakan bersama warga dengan berbagai aksi, salah satunya mendengar suara anak melalui acara dialog anak ini", ujarnya.

Nugroho mengaku untuk mewujudkan kampung semanak dapat dimulai dengan cara berdialog bersama anak RW 24.

"Mewujudkan kampung semanak menjadi tanggung jawab semua warga RW 24. Untuk itu, kami mengajak warga untuk terlibat dan kontribusi mewujudkan kampung semanak", harapnya. (Han)