Dinilai Sukses Tangani Konflik Sosial, Walikota Probolinggo Belajar dari Pemkot Yogya

Umbulharjo - Pemerintah Kota Yogyakarta menerima kunjungan kerja dari Pemerintah Kota Probolinggo Provinsi Jawa Timur. Rombongan dipimpin oleh Walikota Probolinggo Hadi Zainal Abidin, diterima oleh Penjabat Walikota Yogyakara Sumadi di Ruang Yudistira Balaikota Yogyakarta pada Jumat (2/12).

Hadi Zainal Abidin menyampaikan tujuannya datang ke Kota Yogyakarta ini untuk bertukar informasi terkait langkah Pemerintah Kota Yogyakarta mengenai antisipasi konflik sosial di Kota Yogyakarta.

"seperti yang kita ketahui, Kota Yogyakarta menjadi kota tujuan banyak orang dari berbagai daerah, suku dan budaya. Oleh sebab itu, kami ingin mengetahui skema yang dilakukan Pemerintah Kota Yogyakarta untuk menjaga situasi kondisi lingkungan yang aman dan nyaman," ungkap Zainal.

Sumadi menyampaikan Kota Yogyakarta tidak lepas dari peran seluruh elemen seperti perangkat daerah, komunitas dan masyarakat. "Banyak pendatang yang didominasi mahasiswa yang menetap di Kota Yogyakarta, tidak membuat kami memaksa agar mereka untuk menjadi orang Kota Yogyakarta namun kami mengajak untuk saling menghargai, kebersamaan dan gotong royong," ujarnya.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Yogyakarta, Budi Santosa menyampaikan terkait antisipasi terjadinya konflik sosial, Pemerintah Kota Yogyakarta memiliki Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM). FKDM menjadi ujung tombak dalam pengumpulan informasi terkait potensi ancaman, membantu pencegahan awal terhadap ancaman serta sebagai jembatan masyarakat dan pemerintah.

"Pada dasarnya memiliki peran dalam melakukan deteksi dini dan lapor dini terhadap potensi gangguan keamanan, ketertiban, dan ancaman di wilayah. Oleh karena itu, kami melibatkan semua warga khususnya tokoh masyarakat dan pemangku wilayah membangun komunikasi dan silaturahmi bersama menemukan solusi permasalahan yang ada sehingga tidak berujung masalah yang lebih besar," ujar Budi. (Chi)