14 Kemantren Kota Yogya Ikuti Dandim Cup V Tahun 2022 

 


Turnamen bola voli Dandim Cup V Tahun 2022 telah dibuka. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Pasi Ops Kodim 0734/YKA Mayor Arh Asil Harjanto, Minggu (4/12) di Gor Kridosono Yogyakarta. Kejuaraan bola voli ini diikuti oleh 14 Kemantren se Kota Yogyakarta yang memperebutkan Tropy Bergilir Putra-Putri Komandan Kodim 0734/YKA Tahun 2022. 

Tak hanya memperebutkan piala bergilir, peserta juga nantinya mendapatkan uang pembinaan. Kegiatan ini dilaksanakan selama tujuh hari kedepan sejak tanggal 4-10 Desember 2022. 

Dalam kesempatan tersebut Penjabat Walikota Sumadi yang ikut hadir berharap, olahraga voli menjadi pembinaan sejak dini untuk mencetak atlet-atlet berkelas nasional maupun internasional.

"Diharapkan adanya konsistensi pembinaan secara berjenjang yang intensif, sistematis dan berkelanjutan di tengah-tengah persaingan yang ketat dengan daerah-daerah lain. Dimana perkembangan bola voli lebih cepat, dan lebih maju daripada Indonesia," Penjabat Walikota Yogyakarta Sumadi saat diwawancara.

Ia berharap, Dandim Cup V tahun 2022 akan menjadi ajang pencarian bibit atlet berbakat dan peningkatan kemampuan namun tidak meninggalkan peraturan protokol kesehatan agar pelaksanaannya berjalan secara tertib diikuti segenap atlet, pelatih, serta perangkat pertandingan, agar kejuaraan ini berjalan lancar sampai dengan final.

Menurutnya, olahraga bola voli akan menjadi daya dorong bagi segenap atlet dan Pengurus Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Kota Yogyakarta untuk berprestasi lebih baik lagi. 

"Kita juga perlu untuk tetap menjaga antusiasme masyarakat terhadap olahraga bola voli, agar semua cabang olahraga dapat berkembang secara adil dan merata, dimana bola voli dapat terus menjadi salah satu cabang olahraga favorit di masyarakat, selain bulu tangkis dan sepakbola," tambahnya.

Sementara itu, Pasi Ops Kodim 0734/YKA Mayor Arh Asil Harjanto mengatakan, acara ini diadakan setiap tahunnya sejak tahun 2017, hanya saja sempat terhenti akibat adanya pandemi Covid-19. ''Acara ini memang sempat terhenti karena pandemi. Kita menggandeng kemantren se Kota Yogyakarta untuk mencari bibit baru di setiap kemantren agar nantinya bisa ikut pada Porda mendatang," ujarnya.

Pihaknya juga mengatakan, satu tim diikuti oleh enam orang yang terdiri dari tiga warga asli jogja dan tiga warga bukan ber NIK Kota Yogyakarta. "Harapannya ini bisa diikuti siapa saja namun tinggal di Kota Yogyakarta. Sehingga kita memperbolehkan yang bukan ber NIK Kota Yogyakarta tapi tinggal di Yogyakarta ikut memeriahkan Dandim Cup V tahun 2022," jelasnya. (Hes)