Banyak Even di Akhir Tahun, Pariwisata Yogya Kian Menggeliat

 


UMBULHARJO - Penjabat Walikota Yogyakarta Sumadi menerima kunjungan kerja dari Pemerintah Kabupaten Blitar yang dipimpin oleh Wakil Walikota Blitar Tjutjuk Sunaryo beserta rombongan, Selasa (6/12) di Ruang Yudhistira Balaikota Yogyakarta. Kunjungan ini sebagai studi tiru ke Kota Yogyakarta di bidang pariwisata dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Pada kesempatan tersebut Penjabat Walikota Yogyakarta Sumadi mengungkapkan, optimis di akhir tahun jumlah wisatawan mencapai 7 juta pengunjung. "Alhamdulillah hingga akhir tahun hotel-hotel full booked di Kota Yogyakarta ataupun sekitarnya. Per 1 Oktober kemarin sudah tercatat 5,8 juta orang yang datang ke Kota Yogyakarta," jelas Sumadi.

Pihaknya yakin jumlah tersebut akan terus bertambah hingga di bulan Desember dengan target 7 juta pengunjung. "Jadi, kami optimis sampai bulan Desember, terutama banyak event di bulan tersebut, salah satunya adalah pernikahan putra Presiden yang sangat berdampak di Kota Yogyakarta," ujarnya.

Sumadi mengatakan, laporan dari  PHRI untuk hotel-hotel yang ada di Kota Yogyakarta bagian utara sudah terisi sekitar 80 persen, lalu di tengah 70 persen, dan di selatan 60 persen. 

"Jadi hotel-hotel di Kota Yogyakarta sudah full-booked mulai tanggal 1 Desember kemarin hingga nanti tanggal 12 Desember 2022. Lalu dari teman-teman pengusaha rental kehabisan stok, bahkan ada permintaan mereka harus menyediakan 40 mobil alphard, tetapi tidak bisa terpenuhi," jelasnya.

Oleh sebab itu, Pemerintah Kota Yogyakarta terus berupaya menggiatkan potensi wisata agar dapat bersaing dengan menggandeng atau bersinergi dengan kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta. "Kalau masalah destinasi wisata, itu tempatnya kebanyakan di kabupaten. Sehingga fokus kami adalah meningkatkan wisata dalam balutan sosio-kulturalnya," katanya.

Ia berharap untuk Kabupaten Blitar juga mengembangkan objek wisatanya terutama lokasi-lokasi yang bersejarah, dimana ada makam pahlawan seperti Ir. Soekarno, Supriyadi serta tempat-tempat lainnya agar menjadi potensi yang luar biasa. 

Tak hanya itu, potensi UMKM di Kota Yogyakarta seperti ecoprint, jumputan dan lain sebagainya juga menjadi daya tarik yang menjadi satu bagian untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

Semenetara itu, Wakil Walikota Blitar Tjutjuk Sunaryo saat sambutan mengatakan, terimakasih atas penerimaannya dan saran serta masukan dari Pemerintah Kota Yogyakarta. Ia berharap potensi yang ada di Kota Yogyakarta akan ditiru di Kota Blitar agar ke depannya menjadi lebih baik lagi di sektor pariwisata dan UMKM.

"Kami betul-betul merasa senang bisa diterima di Kota Yogyakarta. Tujuan utamanya untuk silaturahmi. Selain itu, kami ingin mempelajari segala sesuatu dimana keadaan di Yogyakarta ini sudah sangat kondusif terutama pada sektor pariwisatanya sudah maju dan sektor UMKM," ujarnya.

Ia berharap, akan terus mengembangkan potensi-potensi yang ada sehingga Kota Blitar juga menjadi tujuan wisata seperti di Kota Yogyakarta. (Hes)