Gudeg Jogja Gerakan Sedekah Paket Makan Baznas Kota

Umbulharjo-Pemerintah Kota (Pemkot) bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Yogyakarta terus berupaya untuk membantu warga masyarakat kurang mampu.

Salah satunya dengan rutin membagikan bantuan berupa uang tunai dan paket makanan. Program ini bertajuk Gudeg Jogja atau Gerakan Sedekah Jogja.

Ketua Baznas Kota Yogyakarta, Syamsul Azhari menjelaskan program Gudeg Jogja ini juga bekerjasama dengan Polresta Yogyakarta.

"Kerjasama ini sudah dimulai pada tahun 2020, Alhamdulillah sampai sekarang program ini masih bisa terus berjalan," katanya saat di temui di Balaikota Yogyakarta, Jumat (09/12/2022).

Program tersebut, lanjutnya, secara rutin diadakan setiap bulan melalui Polresta dan kemudian disalurkan ke Polsek se-Kota Yogyakarta.

"Kami tiap bulannya membagikan 60 paket bahan makanan dan uang tunai. Bantuan tersebut senilai Rp 250 ribu diwujudkan dalam bentuk uang tunai Rp100 ribu dan bahan makan senilai Rp150 ribu," ujarnya.

Syamsul berharap dengan adanya program tersebut dapat membantu Pemkot Yogyakarta dalam pengentasan kemiskinan.

"Semoga dapat memberikan manfaat bagi penerima. Program ini sekaligus turut membantu Pemkot Yogyakarta dalam penanganan stanting," katanya.

Selain itu, Baznas Kota Yogyakarta juga rutin memberikan sedekah santunan untuk warga yang mendapatkan musibah/sakit senilai Rp 1 juta.

Beberapa waktu lalu bantuan tersebut diserahkan kepada Keyva Ray Shaquilla warga RT 11, RW 03, Cokrodiningratan, Jetis yang mengalami gangguan jantung. (Han)