Pengurus GOW 2022-2027 Resmi Dikukuhkan, Siap Bersinergi Wujudkan Kesetaraan di Kota Yogya

Umbulharjo – Pengurus Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Yogyakarta periode 2022-2027 secara resmi telah dikukuhkan oleh Penjabat (Pj) Walikota Yogyakarta Sumadi, pada Selasa (13/12) di Graha Pandawa.

Ketua GOW Kota Yogyakarta Suni Fatmah mengatakan, salah satu fungsi GOW adalah untuk turut serta menyukseskan pelaksanaan program Pemkot Yogyakarta, baik itu untuk program jangka menengah atau jangka panjang.

“Penduduk Kota Yogya sebagian besar adalah perempuan, peran kaum perempuan bersama dengan berbagai organisasi wanita sangat penting bagi pembangunan di Kota Yogya. GOW dan organisasi di dalamnya memiliki tugas dan fungsi yang bisa mendukung mewujudkan pembangunan daerah,” paparnya.

GOW lanjut Suni Fatmah, pada dasarnya juga memiliki peran dalam mewujudkan kesetaraan gender di Kota Yogyakarta, sebagai bagian dari percepatan pembangunaan daerah. Maka dari itu akan banyak program yang menyasar peningkatan kompetensi dan keterampilan perempuan di Kota Yogya.

“GOW memiliki komitmen untuk mewujudkan kesetaraan gender dan kesejahteraan masyarakat, melalui aksi kolaboratif dengan semua komponen, mulai dari pemerintah, organisasi profesi, dan unsur berbasis kewilayahan lainnya,” jelasnya.

Pj Walikota Yogyakarta Sumadi mengatakan, dengan dikukuhkannya Pengurus GOW Kota Yogyakarta periode 2022-2027, harapannya sinergi dengan Pemkot Yogyakarta untuk menyukseskan program pembangunan dan mencapai tujuan bersama semakin kuat.

“Kami berharap GOW dapat meningkatkan komitmen dan peran, bersama-sama dengan pemerintah untuk mengatasi permasalahan di Kota Yogya, terutama dalam lingkup pengarusutamaan gender, pemberdayaan perempuan, serta perlindungan perempuan dan anak,” ujarnya.

GOW bersama organisasi yang tergabung di dalamnya, lanjut Sumadi, memiliki tuntutan untuk bagaimana dapat memantapkan langkah, membulatkan tekad mewujudkan tujuan organisasi, membentuk harmoni bersama dengan berbagai organisasi kemasyarakatan lainnya, mendukung percepatan gerak pembangunan demi kesejahteraan masyarakat, organisasi, maupun bagi segenap anggota yang tergabung di dalamnya.

“Kami harap para pengurus yang telah dilantik serta dikukuhkan pada hari ini, dapat melaksanakan amanah dengan penuh tanggung jawab, sekaligus tentunya memiliki komitmen yang tinggi dalam bidang pengarusutamaan gender, meningkatkan pemberdayaan perempuan di Kota Yogyakarta agar generasi kita selanjutnya semakin berkualitas dan bisa menjadi pemimpin bijak di masa depan,” tutupnya. (Jul)