Baznas Kota Yogya Berikan Bantuan Musibah Gempa Kabupaten Cianjur

 


Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Yogyakarta memberikan bantuan terdampak gempa bumi di Kabupaten Cianjur Jawa Barat sejumlah Rp 90 Juta pada Selasa (13/12) di Masjid Diponegoro Balaikota Yogyakarta. Nantinya bantuan akan diserahkan kepada warga terdampak gempa Cianjur yang disalurkan melalui rekening infaq BAZNAS Kabupaten Cianjur.

Bantuan ini dikumpulan melalui penghimpunan dana infaq, dimana baznas mengadakan penggalangan dana melalui masjid atau mushola dan sekolah. Ketua II Baznas Kota Yogyakarta Abdul Samik Sandi berharap bantuan dapat bermanfaat dan dipergunakan sebagaik-baiknya. 

Selain bantuan untuk Kabupaten Cianjur juga diberikan empat bantuan lainnya diantaranya bantuan untuk pendidikan anak pegawai Pemkot Yogyakarta yang kurang mampu sejumlah Rp 265 juta, bantuan untuk operasional lembaga agama Rp 90 juta, bantuan pemberdayaan ekonomi dhuafa sebanyak Rp 85 juta serta bantuan pemberdayaan ekonomi produktif z-chicken Rp 20 juta.

"Nantinya juga akan diberikan bantuan lainnya berupa pakaian dan bahan makan yang akan dikirim ke Kabupaten Cianjur," ujarnya.
 
Tak hanya itu, Baznas Kota Yogyakarta juga menyerahkan bantuan penguatan lembaga pada Forum Koordinasi Penyuluh Pertanian (FKPP), Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT), Majelis Ulama Indonesia (MUI), Dewan Masjid Indonesia (DMI), Badan Wakaf Indonesia (BWI), dan Badan Koordinasi (BADKO) Taman Kanak-kanak (TKA) dan Taman Pendidikan Al Qur'an (TPA). 

Sampai saat ini sepanjang tahun 2022 Baznas Kota Yogyakarta juga memberikan bantuan ke beberapa daerah lainnya antara lain, bantuan diberikan untuk musibah erupsi Gunung Semeru, musibah banjir di Trenggalek serta musibah banjir dan tanah longsor di Kabupaten Gunungkidul.

"Terimakasih atas pengelolaan ZIS DSKL yang telah memberikan kepada kami amanah ini. Semoga bantuan ini memberikan manfaat dan digunakan sebaik-baiknya," jelasnya.

Analis Kebijakan Ahli Muda Kelompok Substansi Pemberdayaan dan Kesejahteraan Masyarakat, Bagian Kesejahteraan Rakyat Kota Yogyakarta Kamijo mengatakan, bantuan ini diharapkan memberikan manfaat dan dapat meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Terima kasih pada Baznas Kota Yogyakarta yang pada hari ini telah memberikan bantuan, mudah-mudahan bantuan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi penerimanya, dan dapat meringankan beban mereka," jelasnya saat sambutan.

Kamijo mengungkapkan, pemberian bantuan ini bagi warga kurang mampu yang bertujuan untuk mendorong pemulihan ekonomi masyarakat.

"Harapan kami, pemberian bantuan dapat meningkatkan ketahanan ekonomi dan taraf hidup masyarakat secara berkelanjutan," ujarnya.

Baznas Kota Yogyakarta juga turut menyerahkan bantuan pendidikan yang diharapkan dapat meningkatkan penjaminan mutu pendidikan dengan memberikan akses pendidikan yang luas dan bermutu ke seluruh kelompok masyarakat.

''Kami harapkan, berbagai lembaga ini dapat terus meningkatkan mutu layanan dan pengelolaan lembaga. Serta memperkuat kemampuan lembaga ke arah kemandirian dan keberlangsungan program masing-masing lembaga," katanya.

Tambahnya, kepada penerima manfaat juga diharapkan dapat memanfaatkan bantuan dengan sebaik-baiknya, dan mampu menumbuhkan semangat kemadirian.

Sementara itu, salah satu penerima bantuan pendidikan Yasir Wahyudiono mengatakan, berterimakasih kepada Baznas Kota Yogyakarta dan Pemerintah Kota Yogyakarta. Bantuan ini nantinya akan diberikan kepada 940 orang anak pegawai kurang mampu instansi Pemerintah Kota Yogyakarta.

''Ya, rasanya seneng banget ya bantuan untuk anak kurang mampu ini semoga harapannya lebih baik lagi dan semoga lebih bermanfaat," ujarnya. (Hes)