Pemkot Yogya Raih Dua Penghargaan Top Digital Awards 2022

Jakarta-Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta kembali meraih penghargaan Top Digital Award 2022. Diraihnya penghargaan tersebut lantaran penerapan teknologi informasi pada Pemkot Yogyakarta dinilai apik dan sukses.

Sebagai informasi Top Digital Awards adalah kegiatan penilaian dan pemberian penghargaan tahunan tertinggi di Indonesia yang diberikan kepada perusahaan dan instansi pemerintahan yang dinilai berhasil dalam hal implementasi dan pemanfaatan teknologi digital.

Penghargaan yang diselenggarakan atas inisiasi majalah It Works tersebut merupakan apresiasi atas pemanfaatan teknologi digital dalam penyelenggaraan tata kelola pemerintahan dan pelayanan.

Dalam ajang ini Pemkot Yogyakarta berhasil meraih dua kategori yakni Top Leader on Digital Implementation 2022 untuk Penjabat Walikota Yogyakarta, Sumadi dan Top Digital level stars 5 atau luar biasa untuk Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Yogyakarta.

Ketua Panitia Penyelenggara Top Digital Awards 2022, M. Lutfi Handayani mengatakan kategori Top Leader on Digital Implementation 2022 diberikan kepada Penjabat Walikota Yogyakarta lantaran kepemimpinannya secara langsung mendukung transformasi digital di Kota Yogyakarta.

"Penjabat Walikota dinilai memilki komitmen tinggi dalam mendorong pemanfaatan teknologi informasi dan digital di Kota Yogyakarta," jelas di Hotel Raffles Jakarta, Kamis (15/12/2022).

Sementara kategori Top Digital dengan bintang lima ini dinilai berdasarkan beberapa kriteria, pertama tata kelola TI yang luar biasa dijalankan secara konsisten, dengan perbaikan yang berkesinambungan.

"Yang kedua implementasi teknologi digitalnya dinilai sangat berhasil dan penggunaannya terpadu di semua unit kerja, serta berdampak sangat signifikan terhadap kinerja, daya saing, dan layanan masyarakat," katanya.

Ketiga, lanjutnya, infrastruktur pendukung teknologi digital tersedia sesuai dengan kebutuhan saat ini dan dapat dikembangkan terus untuk kebutuhan di masa mendatang.

Dan keempat memiliki implementasi teknologi digital, atau adanya pencapaian yang layak dijadikan contoh atau direkomendasikan kepada perusahaan/instansi lain.

Ia berharap dengan adanya penghargaan tersebut dapat mendorong semangat tim TI Korporasi, Instansi Pemerintahan, dan Lembaga/Badan untuk terus melakukan inovasi dan menggunakan TI dengan efektif dan efisien.

"Sehingga Korporasi, Instansi Pemerintahan, dan Lembaga/Badan di Indonesia memiliki daya saing yang didukung oleh TI," jelasnya.

Ditemui usai menerima penghargaan, Kepala Diskominfosan Kota Yogyakarta, Tri Hastono menyatakan kebanggaan dan rasa syukur atas penghargaan yang diraihnya tersebut.

"Penghargaan ini adalah sebuah pemicu untuk Pemkot terutama Diskominfosan Kota Yogyakarta untuk meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi dalam pelayanan publik," ungkapnya.

Tri Hastono mengatakan bahwa Pemkot tidak hanya mengejar penghargaan akan tetapi implementasi teknologi yang berjalan di masyarakat yang menjadi fokus utama.

"Pemkot Yogyakarta akan terus berkomitmen melakukan inovasi-inovasi dan akan terus meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat dengan memanfaatkan layanan berbasis digital," bebernya. (Han)