Jamin Rasa Aman, Pemkot Yogyakarta Lakukan Monitoring Bahan Pangan Asal Hewan

Gondomanan-Dalam rangka meningkatkan pengawasan menjelang Natal dan Tahun Baru di Pasar Tradisional di Kota Yogyakarta, Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta melakukan monitoring bahan pangan asal hewan di pasar tradisional.

Para petugas yang terdiri dari Dinas Pertanian Pangan, Dinas Perdagangan, dan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Yogyakarta ini melakukan monitoring di empat pasar tradisional yakni Pasar Beringharjo, Pasar Kranggan, Pasar Sentul, dan Pasar Kotagede.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta Imam Nurwahid mengatakan kegiatan tersebut dilakukan sebagai penegakan Perda Kota Yogyakarta  nomor 21 tahun 2009 tentang pemotongan hewan dan penanganan daging.

"Hasil monitoring tersebut ditemukan delapan pedagang yang terkena razia yustisi terkait dengan pemeriksaan daging, pedagang tersebut tidak melakukan pemeriksaan daging sebelum diedarkan di Kota Yogyakarta," bebernya Selasa (20/12/2022).

Imam menjelaskan setiap pedagang daging sapi harus melengkapi sejumlah perizinan untuk menjamin mutu, kualitas, dan keamanan pangan yang dijual, di antaranya surat herkeuring dan surat kesehatan hewan dari daerah asal.

Pada kesempatan tersebut para petugas juga melakukan uji secara langsung di lapak penggilingan daging sapi dengan menggunakan rapid test species. Dari hasil test tersebut tidak ditemukan hasil yang positif.

"Untuk daging ayam, juga dilakukan uji cepat durante di lokasi, Alhamdulillah tidak ditemukan kasus pada daging ayam," ujarnya.

Menurut Imam, kegiatan operasi gabungan pengawasan pangan tersebut rutin dilakukan setiap hari oleh petugas Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta.

Hanya saja, menjelang Natal dan Tahun Baru permintaan masyarakat untuk daging sapi meningkat, maka kegiatan pengawasan dilakukan lebih intensif dalam bentuk operasi gabungan.

"Operasi gabungan merupakan upaya untuk memberikan jaminan bahwa produk pangan yang dikonsumsi masyarakat adalah pangan yang sehat layak konsumsi dengan standar mutu yang terjamin," jelasnya. (Han)