Peringatan Hari Ibu ke-94 Wujudkan Perempuan Berdaya Indonesia Maju

Umbulharjo – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta adakan upacara dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-94, bertempat di Halaman Balai Kota Yogyakarta pada Kamis (22/12).

Upacara peringatan Hari Ibu dengan tema "Perempuan Berdaya Indonesia Maju” ini diikuti oleh semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Unit Kerja di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta.

Dalam amanatnya mewakili Penjabat Walikota Yogyakarta, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkot Yogyakarta, Yunianto Dwi Sutono menyampaikan, pada tahun 2023 mendatang diharapkan bisa menjadi tahun perbaikan, tahun pencapaian serta tahun optimalisasi program kegiatan.

“Sebentar lagi kita bersama akan menghadapi masa libur Natal dan Tahun Baru, seiring dengan pandemi Covid-19 yang telah relatif dapat tertangani, kegiatan sosial ekonomi masyarakat sudah mulai pulih, harapannya kita bisa bangkit kembali menjalankan aktivitas seperti semula,” ujarnya.

Hari Ibu diperingati tepat pada hari ini, lanjut Yunianto, menurut sejarah bertepatan dengan diselenggarakannya Kongres Perempuan yang pertama, pada tanggal 22 hingga 25 Desember 1928 di Yogyakarta, tepatnya dilaksanakan di Ndalem Joyodipuran, Kemantren Mergangsan.

“Upacara yang dilaksanakan Pemerintah Kota Yogyakarta kali ini selain dalam rangka memperingati Hari Ibu, juga sekaligus dalam rangka Hari Bela Negara, Hari Nusantara serta Hari Anti Korupsi Dunia,” tambahnya.

Dalam pelaksanaan upacara peringatan Hari Ibu juga diberikan penghargaan kepada lima kemantren terbaik berdasarkan hasil evaluasi terhadap kinerja kemantren. Kegiatan evaluasi kinerja kemantren tersebut merupakan wujud dari pelaksanaan pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kemantren di Kota Yogyakarta.

Juara I adalah Kemantren Ngampilan dengan nilai 861, diikuti Juara II Kemantren Gondomanan nilai 860, Juara III Kemantren Pakualaman nilai 858, Harapan I Kemantren Danurejan nilai 845, dan Harapan II Kemantren Umbulharjo nilai 842. Kelimanya mendapatkan piagam penghargaan, piala, dan dana dukungan dari Pemkot Yogyakarta. (Jul)