Perayaan Natal di Kota Jogja Momentum Jaga Kedamaian dalam Keberagaman

Gondokusuman – Indonesia itu terbentuk dari masyarakat yang plural dan multikultural seperti halnya di Kota Jogja, dengan kepercayaan dan keyakinan masing-masing dalam beragama. Maka dalam setiap kegiatan peribadatan dan perayaannya itu dilindungi oleh konstitusi.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) RI Mahfud Md, saat lakukan kunjungan dan pantauan Hari Raya Natal di Kota Jogja, pada Sabtu (24/12) didampingi oleh Penjabat (Pj) Walikota Yogyakarta Sumadi, Kapolresta Yogyakarta Kombes Pol Idham Mahdi, beserta jajarannya di Gereja Kristen Jawa Gondokusuman dan Gereja Katolik Santo Antonius Padua Kotabaru.

“Bagi umat nasrani sekalian beribadahlah dengan suka cita dalam momen perayaan Natal. Mari kita bersama berdoa agar Indonesia aman sejahtera, maju, damai dan tentram untuk kita semuanya. Kita berbeda-beda suku, asal kedaerahan, tapi kita satu Indonesia,” ujarnya.

Mewakili pemerintah, lanjut Mahfud Md, kami memastikan dan membersamai umat nasrani semua bahwa keyakinan itu tidak boleh diintervensi, dan negara wajib melindungi kegiatan peribadatan setiap umat beragama dengan kerukunan dan toleransi.

“Umat beragama yang baik itu tujuannya untuk menciptakan ketentraman dan kedamaian bersama dalam keberagaman. Maka beribadahlah sebaik-baiknya, selamat Natal semoga berkah Tuhan senantiasa menyertai kita semua,” tambahnya.

Pj Walikota Yogyakarta Sumadi mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta bekerja sama dengan Polresta Yogyakarta beserta organisasi terkait dalam melakukan pemantauan berkaitan dengan pelaksanaan ibadah Natal di setiap gereja Kota Jogja.

“Kami sudah siapkan teman-teman dari Polri, TNI, kemudian OPD terkait seperti Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Pemadam dan Penyelamatan, Dinas Kesehatan, serta Ormas kaitannya dengan pengamanan dan menjaga kelancaran ibadah umat nasrani dalam merayakan Natal di Kota Jogja” jelasnya.

Harapannya pelaksanaan ibadah Natal ini bisa berjalan dengan baik, lanjut Sumadi. Selain itu kami juga menghimbau kepada semua warga kota Jogja untuk berpartisipasi karena ini adalah momen kita bersama untuk ciptakan situasi yang damai, tentram, dan nyaman.

Sementara itu Kombes Pol Idham Mahdi menyampaikan pengamanan perayaan Natal di Kota Jogja sudah dimulai sejak hari Jumat dan akan dikawal sampai selesai.

“Kami semua saling bekerja sama ikut membantu dalam rangka pengamanan Hari Raya Natal di kota Jogja sampai selesai. Ada 36 gereja di Kota Jogja yang kami kawal, pada perayaan Natal tahun 2022 karena PPKM sudah level 1 maka ada kelonggaran dan antusiasme masyarakat meningkat, jadi kami pastikan keamanan dan kerukunan tetap terjaga,” tuturnya. (Jul)