Pemkot Yogya Salurkan Bantuan Korban Musibah Kebakaran di Tegalrejo

Tegalrejo – Sebagai wujud kepedulian untuk meringankan beban korban musibah kebakaran, Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta melalui Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) berikan bantuan uang tunai kepada satu keluarga korban musibah kebakaran di Kelurahan Tegalrejo, pada Selasa (27/12).

Pemberian bantuan tersebut diberikan langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya, kepada penerima yaitu keluarga Harso Paminto yang rumah hunian serta warungnya mengalami kebakaran, pada Senin (12/12) pukul 04.30 WIB yang berlokasi di Jalan Hos Cokroaminoto, Nomor 131 RT 35 RW 09, Kelurahan Tegalrejo.

Kepala Damkarmat Kota Yogyakarta Octo Noor Arafat melaporkan, pemberian bantuan dilakukan sesuai dengan Peraturan Walikota (Perwal) Nomor 42 Tahun 2017 tentang Pedoman Pelaksanaan Pemberian Bantuan Kepada Masyarakat Yang Terkena Musibah Kebakaran di Kota Yogyakarta.

“Bantuan musibah kebakaran diberikan kepada masyarakat yang mengalami musibah kebakaran, kecuali masyarakat yang rumahnya telah diasuransikan, tidak terletak pada tanah negara untuk didirikan bangunan, dan masyarakat penerima bantuan adalah penduduk Kota Yogyakarta yang memiliki rumah dengan fungsi hunian di wilayah Kota Yogyakarta,” lapornya.

Pemberian bantuan kepada masyarakat yang terkena musibah kebakaran ini, tambah Octo, menindak lanjuti hasil taksasi dari personil Damkarmat, Bagian Hukum, BPBD, serta Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta. Dengan bantuan yang diserahkan berupa uang tunai senilai Rp7 juta.

“Operasi pemadaman dilaksanakan oleh satu regu dari mako induk dan dua regu dari pos mojo dibantu  satu unit pemadam kebakaran Universitas Gadjah Mada. Penyelesaian kejadian kebakaran selama 1 jam 40 menit dan penyebab kebakaran adalah konselting listrik pada kulkas, dengan korban jiwa nihil,” tambahnya.

Sekda Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya mengatakan, pemberian bantuan tersebut merupakan wujud kehadiran dan kepedulian pemerintah di tengah-tengah masyarakat yang mengalami musibah. Serta bentuk afirmasi bahwa bersama-sama, pemerintah dan masyarakat bisa saling membantu.

“Terima kasih kepada seluruh OPD terkait bersama masyarakat yang telah melakukan pemadaman pada musibah kebakaran yang terjadi, ini merupakan upaya optimal yang dilakukan pemerintah bersama masyarakat," jelasnya.

Kami turut prihatin atas musibah yang terjadi, lanjut Aman. Mudah-mudahan dari musibah ini ada hikmah yang bisa diambil sebagai sebuah proses kelanjutan agar ke depannya lebih waspada. Harapannya apa yang diupayakan pemerintah dapat bermanfaat dan membantu warga terdampak musibah kebakaran yang dialami. 

Sementara itu, penerima bantuan Harso Paminto mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada pemerintah dan pihak-pihak terkait dalam pemberian bantuan tersebut. Ia berharap bagi seluruh warga dapat berhati-hati dan menanggulangi adanya tingkat kebakaran di rumah.

''Saya berterimakasih selaku korban kebakaran. Semoga ke depannya saya dan warga lainnya selalu berhati-hati sehingga hal ini tidak terjadi lagi," ujarnya. (Jul)