Pos Kesehatan Nataru Layani Vaksinasi Booster Wisatawan

 


UMBULHARJO - Pemerintah (Pemkot) Kota Yogyakarta melalui Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta siagakan petugas kesehatan di tiga titik pos pelayanan kesehatan  yang berada di selatan Tugu Jogja, parkiran Abu Bakar Ali, dan Taman Pintar Yogyakarta yang sudah di mulai sejak 23 Desember 2022 sampai 2 Januari 2023. 

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani. Ia berharap, masyarakat bisa memanfaatkan pos kesehatan ini untuk keperluan pengecekan kesehatan ataupun vaksinasi booster bagi wisatawan dan lansia.

"Untuk libur Natal dan Tahun baru (Nataru) kita sudah menyiapkan tim khusus Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) dan posko vaksinasi booster sejak tanggal 23 Desember 2022. Namun untuk vaksinasi kita hanya menyediakan vaksin jenis Pfizer," jelas Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani, saat diwawancarai di ruang kerjanya, Selasa (27/12).

Ada dua layanan kesehatan yang diberikan oleh Dinas Kesehatan  Kota Yogyakarta, diantaranya pelayanan P3K dan vaksinasi booster bagi lansia. 

Untuk layanan P3K ini jika terjadi kecelakaan dan dilarikan ke Rumah Sakit maka Pemkot Yogyakarta sudah bersinergi dengan semua Rumah Sakit yang ada di Kota Yogyakarta untuk menerima pasien selama 24 jam.

Sementara, untuk pos pelayanan kesehatan vaksinasi booster bagi wisatawan dan lansia terdiri dari empat penjaga yang ditugaskan sebagai administrasi, wawancara pasien, pemberian vaksinasi dan promosi atau pengetahuan kesehatan setelah divaksinasi.

"Jika wisatawan atau warga Kota Yogyakarta ingin vaksinasi booster di pos pelayanan kesehatan, diharapkan menyesuaikan dengan dosis yang diberikan sebelumnya," ujarnya.

Pihaknya mengatakan, pos kesehatan ini sebagai salah satu upaya Pemerintah Kota Yogyakarta dalam menanggulangi Covid-19. Walaupun angka penderita di Kota Yogyakarta cenderung melandai.

"Alhamdulillah kasusnya melandai, paling tidak kita sudah melindungi warga Kota Yogyakarta dengan salah satunya gencar memberikan vaksin booster yang sampai saat ini sudah mencapai 70 persen lebih," katanya.

Emma mengatakan, bagi warga Kota Yogyakarta ataupun wisatawan yang ingin vaksin booster untuk membawa syarat vaksin yakni Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan kartu vaksin yang dimiliki. "Harapannya Covid-19 sudah mereda namun warga tetap harus waspada dan menjalani protokol kesehatan secara mutlak dan disiplin," ujarnya. (Hes)