TRC Lintas OPD Mudahkan Penanganan Semua Aspek Bencana   

UMBULHARJO- Pemerintah Kota Yogyakarta membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC) penanggulangan bencana lintas sektor Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Pembentukan TRC lintas sektor tersebut untuk memudahkan penanggulangan bencana agar lebih cepat, tepat dan efektif.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta, Nur Hidayat mengatakan pembentukan Tim TRC penanggulangan bencana Kota Yogyakarta itu melibatkan lintas sektor OPD Pemkot Yogyakarta. Pembentukan Tim TRC lintas sektor OPD itu ditetapkan dengan keputusan walikota.

“Kita membentuk TRC lintas sektor OPD. Tiap OPD kita buat pasukan TRC masing-masing. Kita buat namanya Tim TRC penanggulangan bencana Kota Yogyakarta,” kata Nur Hidayat, belum lama ini.

Menurutnya jika terjadi bencana dalam suatu wilayah akan berdampak pada banyak aspek. Tidak hanya korban jiwa tapi juga kerusakan lainnya, sehingga perlu lintas sektor dalam penanggulangan bencana. Keterlibatan OPD dalam Tim TRC penanggulangan bencana Kota Yogyakarta disesuaikan dengan tugas pokok, fungsi dan kewenangan masing-masing OPD. Oleh sebab itu dibentuk Tim TRC penanggulangan bencana lintas sektor OPD Pemkot Yogyakarta.

“Misalnya ada tanah longsor berdampak pada aspek materiil rumah rusak maka kita kerja sama dengan PUPKP (Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman). Tim PUPKP sudah siap sendiri, kita mengkoordinasikan saja,” terangnya.

Termasuk untuk penanganan dokumen administrasi kependudukan yang hilang atau rusak akibat bencana. Nur mencontohkan apabila ada surat-surat dokumen kependudukan yang hilang karena terdampak bencana, maka Tim Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta yang akan menangani dan langsung berjalan dengan sendiri.

“Dengan adanya kolaborasi tim antar OPD ini akan memudahkan kita melaksanakan upaya penanganan bencana  lebih efektif, cepat dan tepat,” ujar Nur Hidayat.

Dia menyatakan BPBD Kota Yogyakarta sudah mengadakan pelatihan untuk seluruh tim TRC penanggulangan bencana lintas sektor OPD. Hal tersebut menjadi embrio untuk melaksanakan komunikasi dan koordinasi pencegahan dan penanggulangan bencana.

Selama ini BPBD Kota Yogyakarta juga sudah memiliki TRC internal. TRC BPBD Kota Yogyakarta tersebut sudah dibekali dengan berbagai kemampuan. Misalnya assessment atau kaji cepat kejadian bencana sampai penanganan korban.  

“Kami ada TRC internal BPBD, mereka ini adalah tim kaji cepat. Sudah dibekali berbagai keahlian seperti melakukan assessment langsung, pertolongan pertama gawat darurat dan vertical rescue,” pungkasnya. (Tri).

Keterangan foto dokumentasi humas Diskominfosan Yogya: TRC BPBD Kota Yogyakarta saat melakukan simulasi evakuasi penyelamatan korban bencana.