KPU Kota Yogyakarta Lantik 70 Anggota PPK Pemilu 2024

Jetis-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta melantik 70 orang anggota Panitia Pemilihan Kemantren (PPK) Kota Yogyakarta. Pelantikan ini dilakukan di hotel Santika Premiere, Rabu (04/01/2023).

Ketua KPU Kota Yogyakarta Hidayat Widodo mengatakan 70 anggota tersebut akan di tempatkan di masing-masing Kemantren, tiap Kemantren terdapat lima anggota PPK.

Usai pelantikan tersebut seluruh anggota PPK akan langsung menjalani bimbingan teknis untuk mendukung kinerja yang akan mereka jalani selama dua tahun mendatang.

"Termasuk membentuk sekretariat, struktur organisasi, ketua, dan divisi di masing-masing PPK," bebernya.

Selama bertugas anggota PPK dituntut untuk bisa bekerja dengan mengedepankan integritas, menjaga sikap jujur, adil, dan independen dalam seluruh tahapan pelaksanaan Pemilu 2024

Dalam pendaftaran PPK ini, tambahnya, dilakukan secara daring melalui aplikasi Siakba, setelah itu para pendaftar diwajibkan mengikuti tes tertulis dan wawancara. "Termasuk mempertimbangkan rekam jejak setiap calon pendaftar," katanya.

Ia juga memastikan anggota PPK yang dilantik sudah dipastikan kesehatannya. Diketahui, pelaksanaan Pilpres dan Pemilu akan dilaksanakan Februari 2024. Sementara Pilkada akan dilaksanakan November 2024 mendatang

"Sehingga diperlukan fisik yang kuat dalam menyelenggarakan Pemilu 2024 mendatang," ungkapnya.

Sementara itu Penjabat Walikota Yogyakarta, Sumadi sangat mengapresiasi pelantikan tersebut, Ia pun mengingatkan agar penyelenggara Pemilu mulai melakukan berbagai persiapan agar penyelenggaraan Pemilu 2024 berjalan lancar.

Menurutnya pelantikan PPK merupakan variabel penting pendukung suksesnya pelaksanaan Pemilu.

"Mengingat KPU sebagai penyelenggara pemilu dan lembaga yang independent memiliki tanggung jawab yang berat, sehingga peran PPK dalam membantu dan bekerja sama secara sinergis mutlak diperlukan," ujarnya.

Untuk itu diharapkan anggota PPK dapat menjalankan tugasnya dengan baik dalam mengawal proses Pemilu agar dilaksanakan sesuai prosedur yang telah ditetapkan.

"Dengan dilantiknya anggota PPK ini diharapkan akan membawa manfaat yang lebih besar, utamanya bagi pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang," katanya.

Sumadi menambahkan Pemerintah Kota Yogyakarta akan memberikan dukungan dari segi anggaran.

“Sudah menjadi komitmen kami pada tahun anggaran 2023 dan 2024. Sudah disiapkan,” katanya.

Total dukungan anggaran yang dialokasikan Pemerintah Kota Yogyakarta untuk penyelenggaraan Pemilu mencapai sekitar Rp36 miliar, baik untuk KPU Kota Yogyakarta dan Bawaslu Kota Yogyakarta. (Han)