Pemkot Undang Pendidik Terbaik di Kota Yogya Jadi Guru Penggerak

Danurejan - Pemerintah Kota Yogyakarta menaruh harapan besar kepada para calon guru penggerak angkatan satu hingga angkatan 5, 7, 8 dan tahun 2023 akan memasuki angkatan 9 dan 10. Pada tahun 2023, pendaftaran program guru penggerak dilaksanakan sampai 10 Januari 2023. Program ini merupakan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ristek untuk meningkatkan kualitas pendidik di Indonesia.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta, Budi Ansrori menyampaikan di Kota Yogyakarta saat ini masih menunggu proses pengumuman kelulusan guru penggerak angkatan lima dengan melihat bagaimana proses yang dihadapi para calon guru penggerak dalam mengikuti serangkaian lokakarya. Untuk saat ini, guru penggerak angkatan 5 sejumlah 50 guru dan angkatan 7 sejumlah 70 guru.

“Kami memiliki pandangan masa depan yang positif dimana para calon Guru Penggerak karena telah dibekali ilmu, pengalaman dan praktik. Sebagai pemangku kepentingan kami menaruh harapan yang besar bagi calon Guru Penggerak angkatan selanjutnya untuk dapat berpartisipasi dan menjadi bagian dari transformasi pendidikan di Kota Yogyakarta,” jelas Budi saat ditemui di Kantor Disdikpora Kota Yogya pada Rabu (04/01).

Menurutnya, program ini sangat penting bagi pendidikan di Kota Yogyakarta. Tentunya yang diharapkan dari program ini bisa melahirkan calon- calon Pemimpin Pembelajaran yang bisa melakukan perubahan di dunia pendidikan minimal perubahan di sekolah tempat  mengajar. 

“Semakin banyak lulusan Guru Penggerak tentu akan membawa perubahan yang signifikan bagi pengembangan pendidikan. Oleh sebab itu, kami menghimbau agar Kepala Sekolah bisa menunju atau menugaskan serta memberi memotivasi guru yang ada di lingkungan unit kerjanya agar dapat berpartisipasi untuk mengikuti Program Guru Penggerak Angkatan 9 dan 10,” ujarnya.

Budi mengungkapkan timnya terus melakukan sosialisasi terkait dengan Program Guru Penggerak dan memberikan Pra-Coaching terkait dengan tips dan trik pengisian essay saat pendaftaran Guru Penggerak hingga Coaching Clinic para pendaftar yang akan menyelesaikan pendaftaran sampai dengan submit.

"Nantinya, guru penggerak yang sudah lolos akan dilibatkan  pada setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga dan diberikan jenjang karir seperti menjadi kepala sekolah atau pengawas sekolah," ungkapnya. (Chi