Perpustakaan Kota Yogya Penuhi Layanan Informasi Anak 

 


Gondokusuman - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI melakukan standarisasi Pusat Informasi Sahabat Anak (PISA) sebagai upaya untuk menjamin kualitas dan kesesuaian fasilitas penyediaan informasi layak anak yang optimal di Kabupaten/Kota.

Dalam kesempatan ini Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Perpustakaan Kota Yogyakarta di bawah koordinasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Yogyakarta mendapatkan peringkat Madya dalam Standardisasi PISA Tahun 2022.

Penghargaan ini dinilai pantas diberikan ke Perpustakaan Kota Yogyakarta salah satunya dengan memenuhi enam standar penilaian Standarisasi PISA diantaranya yaitu aspek kebijakan, aspek program, aspek pengelolaan, aspek SDM, aspek sarana, prasarana dan lingkungan dan aspek monitoring dan evaluasi.

Penyerahan sertifikat dan plakat diberikan langsung oleh Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta kepada Kepala Bidang Pengelolaan Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Gemar Membaca, Nunun Zulaikha.

Kegiatan standarisasi PISA ini bertujuan untuk memaksimalkan fungsi layanan informasi bagi anak di masyarakat terutama di Kota Yogyakarta. 

Penghargaan ini tak lepas dari dukungan pihak-pihak terkait seperti Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Yogyakarta.

Pustakawan Terampil DPK Kota Yogyakarta Arlusi mengatakan, ini kali pertama perpustakaan pada DPK Kota Yogyakarta mengikuti kegiatan standardisasi PISA dan meraih peringkat PISA Madya.

"Semoga dengan adanya standarisasi PISA ini, perpustakaan dapat menjalankan fungsinya dengan lebih baik lagi dan dapat memenuhi kebutuhan informasi anak sesuai dengan harkat dan martabatnya," jelasnya saat ditemui di DPK Kota Yogyakarta, Rabu (4/1).

Ia berharap, ke depannya  penghargaan ini menjadikan Perpustakaan lebih nyaman bagi pengunjung anak-anak karena telah sesuai dengan standar PISA baik dari segi sarana prasarana, kegiatan layanan, maupun koleksi yang diperuntukkan untuk anak-anak. 

''Perpustakaan Kota Yogyakarta ini bisa meraih peringkat madya karena telah memenuhi standar dan persyaratan sesuai ketentuan yang ada dengan rentang nilai antara 116-155," ungkapnya.

Sementara itu, Plt. Kepala DPK Kota Yogyakarta Suryatmi mengungkapkan, proses penilaian sudah berjalan sejak bulan Juni-Oktober 2022. Sehingga pemberian penghargaan PISA tingkat madya ini merupakan apresiasi untuk Perpustakaan Kota Yogyakarta dalam menyediakan berbagai fitur layanan dan koleksi buku-buku yang sesuai dengan kebutuhan anak dalam mendukung mereka untuk mengakses informasi yang ramah anak.

Ia menambahkan, kegiatan standarisasi PISA tersebut untuk menjamin layanan dan wadah informasi yang tersedia di perpustakaan ramah bagi anak dan terintegrasi dengan penyediaan sarana seperti informasi, tempat bermain, tempat peningkatan kreativitas, dan tempat berkonsultasi sesuai dengan kebutuhan anak.

"Harapannya predikat madya ini dapat mendukung pemenuhan indikator-indikator Kabupaten/Kota Layak Anak," ujarnya. (Hes)