Pemkot Yogya Buka Seleksi Calon Paskibraka 2023

 

Danurejan - Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kota Yogyakarta membuka seleksi Calon Paskibraka Tahun 2023. Diharapkan setiap SMA/SMK/MA Negeri dan Swasta menyiapkan calon paskibraka yang terbaik dari hasil seleksi internal sekolah yang sebagian besar sudah dilaksanakan di internal sekolah sejak bulan November-Desember 2022.

Sub Koordinator Kelompok Substansi Pembinaan Kepemudaan Dindikpora Kota Yogyakarta Mugi Suyatno mengatakan, sosialisasi rekrutmen paskibraka tahun 2023 mulai dari seleksi, pelatihan dan pembinaan dengan mengundang Kepala SMA/SMK/MA Negeri dan Swasta se-Kota Yogyakarta bersama dengan Balai Dikmen Kota Yogyakarta dan Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Yogyakarta.

Untuk peserta seleksi diutamakan kelas X/XI SMA/SMK/MA dengan rentan usia 15-16 tahun. "Setelah seleksi akan dipilih calon paskibraka sebanyak 46 orang dengan pembagian 23 peserta putra dan 23 peserta putri," ujar Mugi Suyatno saat diwawancara di ruang kerjanya, Kamis (5/1).

Beda dari tahun sebelumnya peserta paskibraka terseleksi sebanyak 284 peserta yang terdiri dari putra 134 peserta dan putri 150 peserta. "Diharapkan tahun ini lebih dari 300 peserta sehingga banyak mencetak paskibraka yang kompetitif," jelasnya.

Untuk pendaftaran, Mugi mengungkapkan ada dua cara yakni secara online dengan mengisi form link atau secara offline dengan datang langsung ke ruang pendaftaran Dindikpora Kota Yogyakarta.

Seleksi yang akan dijalankan oleh calon paskibraka tahun 2023 diantaranya, para peserta mengikuti seleksi administrasi, kesehatan, posturisasi, kesamaptaan, serta baris berberbaris.

Ia berharap, pada seleksi tahun ini pasca pandemi dan pencabutan PPKM, akan lebih banyak perwakilan peserta dari pelajar Kota Yogyakarta yang mengikuti seleksi agar lebih kompetitif. (Hes)

 

*foto diatas merupakan dokumentasi tahun 2022