Ajak Karyawan Pemkot Yogya Dukung Gerakan Zero Sampah Anorganik

 

Umbulharjo - Memasuki awal Tahun Anggaran 2023 Pemerintah Kota Yogyakarta mengadakan upacara rutin yang bertema ‘Karyawan-karyawati Pemerintah Kota Yogyakarta Bersinergi dengan Masyarakat Kota Yogyakarta Mewujudkan Zero Sampah Anorganik’. Harapannya semua sektor ikut membantu pemerintah dalam pemilahan sampah termasuk di lingkungan kerja.

Tema tersebut sesuai dengan ditetapkannya Gerakan dengan nama Gerakan Zero Sampah Anorganik per tanggal 1 Januari 2023. Diharapkan pada upacara kali ini semua karyawan mendukung dan menerapkan gerakan tersebut.

“Kita harus mulai merubah pola pikir dalam manajemen pengelolaan sampah khususnya di lingkungan pekerjaan,” jelas Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkot Yogyakarta  Yunianto Dwi Sutono saat memimpin upacara, Selasa (17/1) di Lapangan Balaikota Yogyakarta.

Menurutnya, Gerakan Zero Sampah Anorganik ini wajib dilakukan di mana saja seperti di rumah tangga, kantor, sekolah, tempat kerja dan berbagai fasilitas umum. “Kiranya hal ini menjadi semangat kita bersama dalam menjaga Kota Yogyakarta dalam mengurangi potensi timbulan sampah serta merawat kelestarian lingkungan,” tambahnya.

Selain tema diatas, upacara kali ini juga mengangkat tema Pembangunan Kota Yogyakarta Tahun 2023 yakni ‘Peningkatan Ekonomi Kreatif Berbasis Pariwisata Budaya untuk Keberdayaan Masyarakat’. Dimana ada empat prioritas pembangunan, yakni Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia, Pemantapan Infrastruktur, Tata Ruang dan Lingkungan, Peningkatan Perekonomian serta Pemantapan Kinerja Aparatur dan Birokrasi.

Nantinya dengan tema tersebut seluruh kelurahan, mulai dilaksanakan tahapan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) yang merupakan penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan usulan rencana kegiatan pembangunan, untuk diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah.

“Kiranya proses Musrenbang dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat dan mendukung pelaksanaan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2023 serta Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kota Yogyakarta 2023 – 2026,” ujarnya. (Hes)