77 ASN Pemkot Yogya Ikuti Pengambilan Sumpah Pegawai

Umbulharjo - Pemerintah Kota Yogyakarta melaksanakan Pengambilan Sumpah Pegawai Negeri Sipil Kota Yogyakarta kepada 77 pegawai di Balaikota Yogyakarta pada Kamis (19/1). Pengambilan sumpah dipimpin oleh Penjabat Walikota Yogyakarta, Sumadi dengan saksi Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Yogyakarta, Wirawan Hario Yudo dan Staf Ahli Bidang Administrasi Umum Setda Kota Yogyakarta, Hari Wahyudi. 

Penandatangan berita acara pengambilan sumpah diwakili oleh Abiyan Rahman Hajid, dari Bagian Administrasi dan Keuangan,  Rizki Adetya Putra dari Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah,. Naulina Tambunan dari Inspektorat dan Putu Ayu Sintha Pradnya Sari dari Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah. 

Sumadi menyampaikan bahwa pengambilan sumpah PNS ini dilakukan kepada 77 ASN yang terdiri dari satu ASN golongan IV, tiga ASN golongan IV B, tiga ASN golongan IVA, 14 ASN golongan III D, lima ASN golongan III C, enam ASN golongan III B, tiga ASN golongan III A dan ASN golongan II C sebanyak 42 ASN. 

“Sebagai seorang abdi negara, ASN wajib berkomitmen mengamalkan kode etik pegawai dan menjaga profesionalitas ASN diantaranya kualifikasi, kompetensi, kinerja dan disiplin. Tuntutan kerja seorang ASN tentu akan lebih menantang, ditambah lagi dengan adanya digitalisasi dan globalisasi. ASN akan terus dituntut untuk mampu beradaptasi pada perubahan, responsif, inovatif, sekaligus kreatif,” ujarnya.

Di tahun 2023 dan 2024 mendatang merupakan tahun politik. Sumadi menjelaskan bahwa sesuai dengan Undang-undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara serta Perpres Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil maka seluruh ASN di Pemerintah Kota Yogyakarta dapat memegang teguh asas netralitas dan bebas dari intervensi politik.

“Kami akan senantiasa mengingatkan rekan-rekan akan asas netralitas tersebut, Pemkot Yogyakarta tidak akan segan untuk menindak dan memberikan sanksi secara internal atas segala bentuk pelanggaran dalam tiap tahapan menjelang Pemilu dan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024 mendatang,” ungkap Sumadi.

Sumadi juga berharap, ke-77 ASN yang sudah diambil sumpah jabatannya dapat melaksanakan tugas sebaik-baiknya dengan penuh amanah, keikhlasan, dedikasi dan penuh tanggung jawab. (Chi