Pemkot Yogya Dorong CPNS  Inovatif dan Kolaboratif

Pakualaman – Sebanyak 551 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi 2021 dan CPNS Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) ikuti pembekalan yang diadakan Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta, melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) di Hotel Jambuluwuk, Senin (30/1).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya menyampaikan, CPNS Formasi 2021 harus memiliki kesadaran bahwa sejak hari masuk pertama telah menjadi bagian dari keluarga besar Pemkot Yogyakarta.

“Rekan-rekan sudah menjadi bagian dari keluarga besar Pemkot Yogyakarta, harapannya ini adalah sebuah proses untuk totalitas dalam bekerja dengan pikiran dan hati, apalagi mayoritas adalah anak-anak muda yang juga punya peran mengubah wajah Pemkot Yogyakarta, menjadi lebih segar, dengan inovasi dan ide yang diberikan,” ujarnya.

Hal itu merupakan sebuah keharusan, lanjut Aman, dimana CPNS Formasi 2021 harapannya mempunyai kemampuan untuk bisa menangkap dinamika masyarakat yang semakin bertumbuh dan berkembang tanpa batas. Dengan kemasan program kegiatan dan kontekstualisasi yang sesuai dengan perkembangan zaman.

“Tugas pokok dan fungsi rekan-rekan ini harapannya, dapat ditangkap dan diterjemahkan dengan cara yang inovatif, substansi pelayanan bisa tercapai dengan metode yang lebih sesuai dengan dinamika perkembangan dan harapan masyarakat, berani tampil beda untuk membuat sesuatu yang menarik dengan inovasi yang bisa dijalankan dengan optimal,” ungkapnya.

Bukan hanya kemampuan individu saja, tapi pesan kami bekerjalah secara kolegia, tambah Aman. Menurutnya ketika sudah menjadi bagian dari organisasi, sikap kerja sama, membangun komunikasi, dan koloaborasi dengan optimal, merupakan suatu keharusan.

“Dalam bekerja kita tidak bisa sendiri, berhasil atau tidaknya sangat tergantung kemampuan kita untuk berkolaborasi, maka ini menjadi unsur utama yang harus diperhatikan betul soal membangun kerja sama dan ekosistem kerja dengan baik sehingga kinerja kita dapat berjalan optimal,” tambahnya.

Sementara itu Kepala BKPSDM Kota Yogyakarta Dedi Budiono mengatakan, pembekalan ini diadakan dengan tujuan untuk memantapkan sikap, mental, dan sebagai salah satu orientasi CPNS untuk bekerja dan berkarya dengan kemampuan terbaik sesuai dengan ketugasannya masing-masing.

“Kami harap adik-adik CPNS semua menyadari betul sesuai arah kebijakan pemerintah pusat, bahwa di tahun 2045 tepat 100 tahun kemerdekaan, Indonesia dapat menjadi negara yang terkemuka dari sisi ekonomi, kemajuan teknologi, kemananan, 22 tahun ke depan, adik-adik inilah yang akan menjadi pemimpin, maka dari itu mulai sekarang siapkan diri kalian semua menuju ke situ,” jelasnya.

Tentu tantangannya tidak mudah, lanjut Dedi, terutama berkaitan dengan integritas, soal kedisiplinan, berani berkata tidak untuk hal yang tidak sesuai, berani jujur, sejalan antara perkataan dan perbuatan, dan bisa dijakankan secara konsisten, selamanya.

“Adik-adik semua, tidak lama lagi adalah pemimpin yang akan memegang jabatan strategis untuk Kota Yogyakarta, DIY, dan Indonesia. Dalam masa puncak karier, kepemimpinan ini akan diduduki oleh adik-adik semua, maka harapan kami tentu jaga integritas adik-adik dalam bertugas,” tutupnya. (Jul)