Drive Thru Cetak Ulang KTP el di Kemantren Layani Ratusan Pemohon

Kotagede - Tahun 2023 Pemerintah Kota Yogyakarta kembali melayani Pelayanan Drive Thru cetak ulang KTP elektronik (KTP el)  yang rusak, hilang dan pelayanan identitas kependudukan digital. Pelayanan ini dilaksanakan mulai Kamis (2/2) di halaman Kemantren Kotagede. Pelayanan Drive Thru cetak KTP el tidak hanya melayani KTP el penduduk Kota Yogyakarta namun penduduk luar domisili juga dapat memanfaatkan layanan ini.

Kepala Bidang Pelayanan Kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kota Yogyakarta, Bram Prasetyo mengatakan program dalam rangka memberikan kemudahan, percepatan dan peningkatan layanan bagi masyarakat. 

“Awalnya, program ini dilaksanakan pada saat pandemi Covid-19 agar kami tetap bisa memberikan pelayanan masyarakat. Dari tahun ke tahun, antusias masyarakat cukup tinggi dalam memanfaatkan layanan ini sehingga pada tahun 2023 ini pelayanan drive thru akan dilaksanakan di 10 kemantren dan untuk bulan Februari di Kemantren Kotagede,” ungkap Bram.

Pelayanan Drive Thru yang dilaksanakan di Kemantren Kotagede dilayani setiap hari Selasa dan Kamis pukul 09.00-12.30 WIB. Untuk KTP el yang hilang, persyaratan yang harus dilengkapi adalah surat kehilangan dari kepolisian dan fotokopi Kartu Keluarga (KK). Sementara KTP el yang rusak cukup membawa KTP el yang rusak dan KK. Apabila pemohon bukan yang bersangkutan, masih bisa memanfaatkan pelayanan dengan membawa tambahan dokumen surat kuasa bermaterai 10 ribu.

“Dalam sehari kami bisa melayani sekitar 150 hingga 200 pemohon, kalau sebulan bisa sekitar 1000an pemohon. Persoalan yang mungkin muncul dan semoga tidak menjadi kendala adalah ketersedian blanko KTP el. Namun, apabila blangko ini kosong tentu pelayanan tidak boleh terhenti. Kami mendorong masyarakat untuk dokumen yang sifatnya fisik ini ke identitas kependudukan digital,” jelasnya.

Bram menegaskan untuk pelayanan drive thru ini tidak hanya melayani masyarakat sekitar kemantren namun masyarakat dari luar kemantren bahkan dari luar domisili atau luar Yogyakarta. Untuk bulan Maret pelayanan ini akan dilaksanakan di Kemantren Jetis, Mei di Kemantren Mergangsan, Juni di Kelurahan Wirobrajan, Juli di Kemantren Mantrijeron, Agustus di Kemantren Tegalrejo, September di Kemantren Gedongtengen, Oktober di Kemantren Gondokusuman dan November di Kelurahan Purwokinanti.

“Pada saat pelayanan drive thru, kami juga memberikan sosialisasi untuk mendorong masyarakat memanfaatkan program identitas kependudukan digital. Pada tahun 2023, kami menargetkan sebesar 25 persen dari jumlah wajib KTP el memiliki identitas kependudukan digital tersebut,” tambahnya.

Salah satu pemohon asal Kotagede, Haryanto (69) harus memperbarui mencetak KTP el yang rusak karena NIK tidak terlihat dan foto sudah tidak terlihat. Ia merasa sangat puas dengan pelayanan drive thru cetak KTP el ini. 

“Layanan ini betul-betul sangat memuaskan, pelayanan prima ini sangat memudahkan masyarakat dan sangat cepat prosesnya. Dengan dilaksanakan per kemantren ini, kami yang sudah lanjut usia tidak perlu jauh datang ke dinas dan tentu sangat menguntungkan untuk kami para lansia,” ungkapnya. (Chi)