Vaksinasi Booster Kedua Mulai Sasar ASN Pemkot Yogya   

UMBULHARJO- Vaksinasi Covid-19 booster kedua mulai menyasar Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Kota Yogyakarta. Terutama kepala organisasi perangkat daerah (OPD), kepala wilayah dan penyelenggara pemerintah di lingkungan Pemkot Yogyakarta. Vaksinasi booster kedua itu untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari penularan Covid-19.

“Ini kita mulai vaksinasi booster kedua untuk para penyelenggara negara, khususnya ASN di lingkungan Balai Kota (Pemkot Yogya),” kata Penjabat Walikota Yogyakarta, Sumadi usai vaksinasi booster kedua di Grha Pandawa Balai Kota Yogyakarta, Rabu (8/2/2023).

Sumadi menuturkan tidak merasakan sakit saat disuntik vaksin booster kedua. Sebelum divaksin, Sumadi juga melalui beberapa tahapan seperti pemeriksaan tekanan darah. Dari hasil pemeriksaan dinyatakan memenuhi syarat sehingga dapat disuntik vaksin. Oleh sebab itu diharapkan para ASN Pemkot Yogyakarta segera mengakses vaksin booster kedua untuk kekebalan tubuh sehingga bisa memberikan pelayanan baik ke masyarakat.

“Kami sangat berharap untuk teman-teman ASN di Pemkot Yogyakarta untuk segera melaksanakan ini. Karena Ini adalah bagian dari upaya kita untuk membentuk imunitas sehingga kita dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat bisa lebih baik,” tambahnya.

Pihaknya juga mengajak masyarakat untuk vaksinasi booster kedua di fasilitas pelayanan kesehatan Pemkot Yogyakarta di puskesmas dan rumah sakit. Vaksinasi booster kedua bagi masyarakat umum usia 18 tahun ke atas sudah dilayani sejak 24 Januari 2023 di puskesmas-puskesmas di Kota Yogyakarta. Vaksinasi diberikan ke warga yang sudah mendapatkan e-tiket vaksin booster kedua di aplikasi Peduli Lindungi.

“Kepada masyarakat Yogyakarta kami sangat berharap untuk warga yang sudah memenuhi syarat seperti sudah booster satu dan tenggat waktunya masuk, segera saja mengikuti booster kedua di unit-unit pelayanan kesehatan Pemkot Yogyakarta di puskesmas dan rumah sakit,” terang Sumadi

Sumadi yang juga Ketua Satgas Percepatan Vaksinasi Covid-19 DIY optimis vaksinasi booster di Kota Yogyakarta bisa mencapai di atas target. Hal itu karena berdasarkan pengalaman vaksinasi dosis satu, kedua dan booster pertama di Kota Yogyakarta di atas 100 persen.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Emma Rahmi Aryani menyebut vaksinasi Covid-19 booster pertama di Kota Yogyakarta sudah mencapai sekitar 125 persen. Sedangkan capaian vaksinasi booster kedua di Kota Yogyakarta sekitar 35 persen. Dalam vaksinasi booster bagi ASN kepala OPD Pemkot Yogyakarta disediakan kuota vaksin untuk sekitar 200 orang dengan jenis vaksin pfizer.

“Sebelumnya lansia kemudian masyarakat umum juga sudah mulai booster kedua di puskesmas maupun rumah sakit di Yogya. Saat ini kami melaksanakan vaksin booster kedua bagi pejabat di Pemkot Yogyakarta,” papar Emma.

Dia menjelaskan masyarakat yang memenuhi syarat vaksinasi booster kedua diharapkan mendaftar di puskesmas atau rumah sakit. Itu karena pelaksanaan vaksinasi harus direncanakan terutama penyediaan dosis vaksin agar tidak sampai membuang sisa vaksin. Syarat vaksinasi booster kedua adalah sudah divaksin booster pertama dengan selisih waktu minimal 6 bulan dan e-tiket booster kedua di aplikasi Peduli Lindungi sudah ada.

“Vaksinasi booster ini sangat penting untuk meningkatkan imunitas tubuh karena sudah lebih dari enam bulan. Harapannya bisa meningkatkan kekebalan tubuh terhadap covid-19. Saat ini yang dicabut hanya PPKM, pandeminya belum sehingga Covid-19 masih ada. Maka kewaspadaan perlu vaksinasi agar situasi pandemi bisa berubah menjadi endemi,” pungkasnya.(Tri)  

Keterangan foto paling atas : Penjabat Walikota Yogyakarta Sumadi mendapat suntikan vaksin booster kedua.