Pemkot Yogya Gelar Seleksi Pemuda Pelopor 2023

Danurejan - Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta bersama dengan Forum Pemuda Pelopor Kota Yogyakarta (FPPKY) mengadakan kembali pemilihan Pemuda Pelopor Kota Yogyakarta Tahun 2023 mulai 1 Februari hingga 7 Maret 2023 dengan total hadiah Rp 67,5 juta.

Sub Koordinator Kelompok Substansi Pembinaan Kepemudaan Dindikpora Kota Yogyakarta Mugi Suyatno mengatakan, pemilihan Pemuda Pelopor ini bisa diikuti oleh pemuda Kota Yogyakarta yang berusia 16-30 tahun ber KTP Kota Yogyakarta dengan memiliki kepeloporan yang menarik serta memberikan dampak besar bagi kepeloporannya.

"Harapannya di tahun ini Kota Yogyakarta bisa mengirimkan Pemuda/Pemudi ke tingkat Nasional mewakili DIY dan menjadi Juara di tingkat Nasional," jelas Mugi Suyatno saat di wawancarai, Kamis (9/2).

Selain itu, peserta bukan sebagai PNS, pegawai BUMD/BUMN, kepeloporan dicapai minimal satu tahun, mengisi form pendaftaran serta belum pernah mendapatkan juara 1-3 dalam seleksi Pemuda Pelopor Nasional.

"Kegiatan ini nantinya mencari pemuda yang punya kepeloporan di wilayahnya masing-masing dengan kriterianya yang jelas KTP harus warga Kota Yogyakarta.

Untuk pemilihan Pemuda Pelopor 2023 ini juga dibantu Organisasi Kepemudaan (OKP) dan mantan pemuda pelopor dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Bagi calon Pemuda Pelopor Kota Yogyakarta 2023 bisa mengikuti sesuai dengan kepeloporannya dengan lima pilihan yakni di bidang: Pangan, Pendidikan, Inovasi Teknologi, Agama Sosial Budaya, Sumber Daya Alam, Lingkungan serta Pariwisata dengan mendaftarkan diri melalui laman https://bit.ly/PPYK2023.

Pihaknya menambahkan, kriteria pemenang adalah pemuda/pemudi yang memberikan dampak positif signifikan dari kepeloporannya, memberikan manfaat yang besar untuk lingkungan dan sekitarnya serta selalu memberikan inovasi baru dari kepeloporannya.

 

Sementara itu, Ketua Pelaksana Pemuda Pelopor 2023 dan sekaligus sebagai Pemuda Pelopor Kota Yogyakarta tahun 2015 mewakili Kemantren Danurejan Octa Viantary mengatakan, sampai saat ini puluhan peserta sudah mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi. "Baru seminggu ini sudah ada cukup banyak pendaftarnya dan rata-rata kebanyakan di bidang pendidikan yang banyak peminatnya," ujarnya.

Viantary mengatakan, jika warga Kota Yogyakarta dengan kriteria di atas ingin mengikuti pemilihan Pelopor Pemuda 2023, peserta dapat mengumpulkan berkas formulir yang sudah ditandatangani oleh Lurah dan Mantri Pamong Praja setempat dan dikirim ke Dindikpora Kota Yogyakarta atau bisa melalu email: seksipemudakotayk@gmail.com.

Selanjutnya, peserta melakukan upload video profil tentang kepeloporannya di media sosial masing-masing di Instagram dengan tag ke akun instagram Dindikpora Kota Yogyakarta yakni di @Dikporakotayk dan @porakotajogja Selanjutnya dari pihak juri akan menyeleksi berkas melalui online.

''Bagi peserta yang terpilih akan dilakukan penilaian oleh dewan juri di lokasi kepeloporannya. Untuk target peserta masing-masing bidang minimal 5 peserta yang mendaftar sehingga minial total 25 peserta di semua bidang," jelasnya.

Ia berharap dengan terselenggaranya Pemuda Pelopor di Kota Yogyakarta dapat memberikan dampak positif bagi diri sendiri maupun lingkungannya. (Hes)

 

*Foto diatas merupakan salah satu peserta Pemuda Pelopor tahun 2022 saat presentasi.