Indeks Pembangunan Pemuda di Kota Yogya Tertinggi Nasional

Umbulharjo - Penjabat Walikota Yogyakarta Sumadi menerima kunjungan kerja Pemerintah Kabupaten Garut yang diwakili oleh Wakil Bupati Garut Helmi Budiman beserta rombongan, Jumat (10/2) di Ruang Yudhistira Balaikota Yogyakarta. Dalam kunjungan ini Pemerintah Kabupaten Garut ingin menimba ilmu mengenai Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) di Kota Yogyakarta.

Kota Yogyakarta sendiri pada Indeks Pembangunan Pemuda paling tinggi di tingkat Nasional dengan capaian 90 persen. Sedangkan tertinggi kedua pada indeks Lapangan dan Kesempatan Kerja Pemuda yang mencapai 70 persen.

Disisi lain Kota Yogyakarta mendapatkan nilai indeks dengan kategori sedang pada domain Kesehatan dan Kesejahteraan Pemuda dengan capaian 65 persen, Partisipasi dan Kepemimpinan Pemuda mencapai 53,33 persen, Gender dan Diskriminasi Pemuda 70 persen serta Indeks Pembangunan Pemuda mencapai 69,67 persen.

Dari data tersebut tidak terlepas dari peran pemuda dan pihak-pihak terkait seperti organisasi kepemudaan yang sampai saat ini memberikan kontribusi nyata untuk peningkatan pembangunan Kota Yogyakarta.

Sumadi mengatakan, Kota Yogyakarta memiliki jumlah pemuda sebanyak 22.985 laki-laki dan 22.680 perempuan yg ikut andil dalam peningkatan IPP Kota Yogyakarta.

“Jumlah pemuda di Kota Yogyakarta ini hanya 10 persen dari penduduk Kota Yogyakarta berdasarkan dari hasil pendataan kepemudaan oleh Balai Pemuda dan Dindikpora DI Yogyakarta. Capaian ini cukup memuaskan semoga bisa terus ditingkatkan,'' katanya.

Hal ini sesuai dengan visi dan misi Kota Yogyakarta yakni meneguhkan Kota Yogyakarta sebagai Kota nyaman huni dan pusat pelayanan jasa yang berdaya saing kuat untuk keberdayaan masyarakat dengan berpijak pada nilai Keistimewaan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta, Budi Santosa Asrori mengungkapkan, dalam capaian indek pembangunan kepemudaan program prioritas Dindikpora Kota Yogyakarta adalah mengadakan pembinaan kepemudaan sebagai Sebagai Pilot Project Kemenpora RI dalam penyusunan RAD Kepemudaan Tahun 2023.

"Dengan capaian indeks ini tidak membuat kami merasa puas, sebab masih ada nilai lainnya yang belum mencapai nilai tertinggi seperti indeks Pendidikan Pemuda yang mendapatkan nilai paling tinggi di tingkat Nasional dengan capaian 90 persen," jelasnya.

Selanjutnya, Wakil Bupati Garut Helmi Budiman mengatakan, terima kasih kepada Pemkot Yogyakarta menerima rombongan dengan hangat. Terlebih lagi memberikan informasi bagaimana Kota Yogyakarta bisa mendapatkan nilai tertinggi pada indeks Pendidikan Pemudanya.

Oleh karenanya, Pemerintah Kabupaten Garut melakukan kunjungan untuk tiru ilmu agar nantinya dapat berdampak di Kabupaten Garut dengan mengikuti pola Pemerintahan Kota Yogyakarta.

"Kita ketinggalan sangat jauh dari berbagai indeks pembangunan kepemudaan dan olahraga. Merupakan PR bagi kami sehingga kita berkunjung untuk mendapatkan masukan serta saran agar bisa bangkit dan berkarya. Harapannya apa yang diberikan dapat kita terapkan di Kabupaten Garut," jelasnya. (Hes)