Kotabaru Pagi-Pagi Menikmati Suasana Pedestrian Diantara Bangunan Cagar Budaya


Gondokusuman - Puluhan UMKM meriahkan 'Kotabaru Pagi-Pagi' atau car free day di ruas Jalan Suroto, Kelurahan Kotabaru, Kemantren Gondokusuman Yogyakarta, Minggu (12/2). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Yogyakarta. 

"Pagi ini sebanyak 50 stan UMKM dari Kemantren Tegalrejo dan Kemantren Gondokusuman dan 25 lainya merupakan pelaku usaha pariwisata ikut meriahkan car free day," ujar Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Muhamad Zandaru Budi Purwanto saat sambutan.

Pihaknya mengatakan, acara ini ke depannya rutin diselenggarakan sebulan sekali setiap hari Minggu di minggu pertama mulai pukul 06.00-10.00 WIB. 

Ia mengatakan, event ruang kreatif ini merupakan destinasi wisata baru yang berbasis budaya, berada di kawasan Heritage Kotabaru, dengan tujuan meningkatkan ciri khas bangunan cagar budaya serta menjadi tempat pedestrian yang nyaman dinikmati bagi pengunjung maupun wisatawan. 

Selain itu, acara Kotabaru Pagi-Pagi dimeriahkan oleh pantomim, dan berbagai macam kuliner, serta panggung hiburan seperti tari-tarian yang ditampilkan di sepanjang Jalan Suroto. Dimana di sepanjang jalan tersebut biasa dilalui kendaraan bermotor, namun adanya car free day ini jalan tersebut ditutup dan digunakan oleh pejalan kaki.

Ia berharap, kegiatan ini memberikan rasa nyaman dan aman bagi wisatawan maupun masyarakat Kota Yogyakarta agar roda perekonomian dapat terus berputar.

''Selamat menikmati nuansa baru pada kawasan Kotabaru yang menjadi landmark baru di Kota Yogyakarta, harapannya antusiasme dari seluruh lapisan ikut memeriahkan acara ini. Sehingga roda perekonomian terus berputar," ujarnya.

Sementara itu, mewakili Penjabat Walikota, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Yogyakarta Kadri Renggono menyambut baik acara tersebut.

Menurutnya kegiatan ini sebagai sarana refreshing, mencari informasi, dan hiburan di akhir pekan. Sedangkan bagi pelaku usaha dan industri kreatif, Jogja Kreatif adalah sarana untuk memperkenalkan produk-produk yang dimiliki masyarakat luas.

Sehingga di tahun ini kegiatan Jogja Kreatif akan mengeksplorasi wilayah Kotabaru. Dimana kawasan pedestrian Jalan Suroto ini menjadi sangat iconic karena telah mengalami revitalisasi di tengah-tengah Kawasan Cagar Budaya.   

"Aktivasi di wilayah Kotabaru ini akan memberi ruang rekreasi dan ekspresi bagi masyarakat dengan disediakan panggung hiburan dan gelaran bazaar UMKM. Saya berharap masyarakat akan dapat menyelami ruang-ruang di seputaran Kotabaru yang sangat menarik secara arsitektur dan visual. Dimana banyak terdapat bangunan heritage yang berarsitektur Indis, serta ada area wisata bersejarah yang menarik di kawasan ini,"jelasnya.

Ia berharap kegiatan ini dapat memperkuat motivasi dan semangat untuk terus produktif dan berkarya demi kemajuan Kota Yogyakarta dan bangsa negara Indonesia.

Selanjutnya, salah satu pengunjung Ikrima mengungkapkan, sangat menarik acara car free day di Jalan Suroto ini. Hanya saja perlu adanya promosi lebih sehingga banyak wisatawan yang mampir untuk meramaikan Kotabaru Pagi-Pagi.

''Menarik sekali, ada hiburannya juga kulinernya banyak. Harapannya sih lebih dipromosikan meluas lagi sehingga banyak wisatawan maupun warga datang kesini," ungkapnya. (Hes)