Pemuda Yogya Diharapkan Ikut Rencanakan Pembangunan

Danurejan-Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta terus berupaya dalam mengoptimalkan peran pemuda dalam pembangunan. Salah satu upaya tersebut dengan rutin menggelar pembinaan kepemudaan.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Yogyakarta, Budi Santosa Asrori mengatakan tujuan kegiatan tersebut adalah untuk memberikan wadah dan apresiasi kepada pemuda dan organisasi kepemudaan di Kota Yogyakarta yang turut berpartisipasi secara langsung dalam penyusunan Rencana Aksi Daerah (RAD) Kepemudaan Kota Yogyakarta.

"Kegiatan kali ini diikuti oleh perwakilan organisasi kepemudaan dan pemuda Kota Yogyakarta yang berjumlah 100 peserta," bebernya di Disdikpora Kota Yogyakarta, Kamis (16/2/2023).

Sementara itu Penjabat Walikota Yogyakarta, Sumadi menyambut baik acara tersebut. Ia mengungkapkan bahwa pemuda merupakan penerus dalam membangun masyarakat madani yang dicita-citakan menuju indonesia yang sejahtera.

"Oleh karenanya para pemuda diharapkan dapat berperan aktif dan nyata dalam pembangunan," bebernya.

Sumadi menuturkan pemuda bukan lagi hanya sebagai pelengkap kegiatan, tetapi akan didorong ikut dalam merencanakan pembangunan yang dapat dirasakan masyarakat.

"Salah satu modal dasar pembangunan adalah para pemuda harus memiliki pendidikan, keterampilan, dan kreatifitas," katanya.

Sumadi meminta agar pemuda Kota Yogyakarta terus membuat gebrakan untuk meraih prestasi. "Kota Yogyakarta memiliki banyak potensi pemuda. Berbagai penghargaan juga telah banyak diraih baik tingkat kota, provinsi maupun nasional," ujarnya.

Selain itu ia juga meminta agar pemuda jangan mudah menyerah terhadap keadaan. "Selalu tetap berusaha, bagaimanapun masa depan yang akan menciptakan adalah diri kita sendiri. Apa yang kita raih itu adalah apa yang sudah kita kerjakan," bebernya. (Han)