Sekda Kota Yogya Jadi Narasumber Sekolah Sekretariat

Sleman-Sekda Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya menjadi narasumber dalam acara #SekolahSekretariat yang diinisiasi oleh Universitas Islam Indonesia.

Sekretaris Eksekutif Universitas Islam Indonesia, Hangga Fathana mengatakan kegiatan tersebut dalam rangka menjaring gagasan dan inspirasi praktik baik unit sekretariat yang ada di Universitas Islam Indonesia.

"Kinerja kelembagaan suatu institusi membutuhkan dukungan prima dari unit sekretariat. Untuk itu kami menghadirkan narasumber yang sangat berkompeten dalam bidang ini," jelasnya,

Acara yang diikuti oleh seluruh sekretariat pimpinan Universitas Islam Indonesia ini digelar di gedung GBPH Prabuningrat, Jumat (17/2/2023).

Sementara itu, Sekda Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya dalam paparannya menjelaskan Sekretariat Daerah (Setda) Kota Yogyakarta merupakan unsur pembantu pimpinan Pemerintah Kota Yogyakarta yang dipimpin oleh Sekda yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada kepala daerah.

Ketugasan seorang Sekda adalah menyelenggarakan penyusunan kebijakan dan pengoordinasian administratif terhadap pelaksanaan tugas perangkat daerah.

"Sekda bertugas membantu kepala daerah dalam melaksanakan tugas penyelenggaraan pemerintahan, administrasi, organisasi, dan tata laksana serta memberikan pelayanan administrasi kepada seluruh perangkat daerah," bebernya.

Dalam tugasnya di Pemkot Yogyakarta, Sekda Kota Yogyakarta juga dibantu oleh tiga Asisten Pertama adalah Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat yang membawahi Bagian Tata Pemerintahan, Bagian Kesejahteraan Rakyat, dan Bagian Hukum.

Kedua Asisten Perekonomian dan Pembangunan membawahi Bagian Perekonomian dan Kerjasama, Bagian Administrasi Pembangunan, dan Bagian Pengadaan Barang dan Jasa.

Ketiga Asisten Administrasi Umum yang membawahi terdiri Bagian Umum dan Protokol, Bagian Organisasi, dan Bagian Administrasi dan Keuangan. (Han)