Satukan Perspektif Antargenerasi Lewat Film 'Kembali Pulang'

Ngampilan-Sekda Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya menghadiri penayangan perdana film berjudul 'Kembali Pulang' yang diproduksi oleh Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, Minggu (19/2/2023) di Dalem Punokawan.

Film ini menceritakan tentang pulangnya seorang anak yang diperankan oleh Cakka Nuraga dari tanah rantau yang memiliki hubungan yang tidak harmonis dengan sang ayah karena perbedaan keinginan.

Sang ayah yang selalu memaksakan anaknya untuk bekerja kantoran, yang sebenarnya tidak sesuai dengan minatnya.

Selama empat tahun ia mengaku bekerja di kantor notaris, padahal ia tengah menekuni profesi yang ia sukai sejak awal, yakni penata musik. Meskipun tak harmonis, ayah anak tersebut dapat menyelesaikan masalahnya dengan baik.

Film yang diSutradarai oleh Ukie Junk dan diProduseri Siska Raharja ini nantinya akan ditayangkan untuk masyarakat pada tanggal 20 Februari 2023 melalui channel YouTube Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta.

Aman pun sangat mengapresiasi film tersebut, menurutnya cerita pada film 'Kembali Pulang' ini relevan dengan kehidupan banyak orang.

"Pergeseran nilai dan perspektif antar generasi tersebut dapat dihadirkan di film tersebut dengan baik. Meskipun film pendek tapi dapat menyampaikan pesan dengan baik dan jelas, karya ini patut diapresiasi,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan, Yetti Martanti menjelaskan ide film ini ingin mempertemukan perbedaan dua generasi dalam hubungan ayah dan anak.

Dua generasi tersebut, lanjutnya memiliki nilai dan budaya masing-masing, perbedaan tersebut kerap menjadi masalah jika tidak dipertemukan dengan baik, sering juga masalah anak dan orang tua dilatarbelakangi perbedaan perspektif tersebut.

"Kami ingin mempertemukan dua generasi tersebut agar bisa saling berdialog dan menyelesaikan perbedaan perspektif dan nilai dalam film Kembali Pulang ini,” bebernya. (Han)