Public Speaking ASN Pemkot Yogya Tingkatkan Kapasitas Pelayan Masyarakat

 


Pakualaman - Dalam rangka meningkatkan keterampilan dan kemampuan berkomunikasi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Kota
Yogyakarta, Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Yogyakarta menggelar Public Speaking Training bagi PNS di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan dibagi dalam dua sesi yakni pada tanggal 20-21 Februari 2023 dan 1-2 Maret 2023.

Puluhan peserta dari Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta dan Kemantren se Kota Yogyakarta mengikuti kegiatan tersebut pada 20-21 Februari 2023. Kegiatan ini diisi oleh narasumber dari praktisi psikolog yakni Mustikaningtyas, Djamiul Ma'ruf serta Krisdi Triyanto.

 Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya yang hadir dalam kegiatan tersebut berharap, para PNS ini dapat mempelajari dan memahami bagaimana cara melayani masyarakat dengan mengedepankan sikap, penyampaian ke masyarakat serta tidak menyampingkan penampilan mereka saat menghadapi masyarakat.

"Semoga acara ini berguna bagi para peserta untuk lebih meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara efektif sehingga dalam menyampaikan ke masyarakat dapat diterima dengan baik," jelas Aman saat memberikan sambutan, Senin (20/2) di Jambuluwuk Hotel Yogyakarta.

Selain itu, Aman mengatakan Public Speaking Training ini merupakan kegiatan yang sangat positif, peran ASN selain sebagai pelayan masyarakat, juga diharapkan meningkatkan kapasitas, kapabilitas dan wawasan sesuai dengan perkembangan zaman.

"Hal ini penting sebagai salah satu upaya Pemkot Yogyakarta dalam mendukung serta menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance), transparan serta akuntabel," jelasnya.

Sehingga ke depannya dengan kegiatan ini dapat melayani masyarakat dengan benar, tepat sasaran dan dapat dipertanggungjawabkan. "Harapannya para ASN setelah kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas dan melakukan observasi ketegasannya. Sehingga dalam pekerjaan dapat menguasai dan tepat sasaran. Kegiatan semacam ini diteruskan agar mampu memberikan atmosfer di lingkungan OPD," ujarnya.

Sementara itu, salah satu peserta dari Kepala Jawatan Umum Kemantren Mergangsan Sri Supartini mengatakan, kegiatan ini sangat berguna, melihat dengan perkembangan yang ada dibutuhkan cara berkomunikasi sesuai standar pelayanan. Agar dalam memberikan pelayanan memberikan rasa nyaman.

"Sangat berguna, saya dibagian pelayanan umum, acara public speaking ini sangat diperlukan agar kami pandai membawa diri dalam melayani masyarakat dan memberikan pelayanan prima," katanya.

Tak hanya itu, walaupun dalam pelayanan sampai saat ini tidak ditemukan keluhan dari masyarakat, pihaknya berharap kegiatan ini harus terus diadakan agar dalam pelayanan di Pemkot Yogyakarta dapat menjadi pelayanan prima.

"Kegiatan ini harus terus diadakan, untuk memberikan pelayanan masyarakat secara maksimal. Terutama seperti saya di wilayah menjadi garda terdepan agar bisa membawa diri dalam melayani masyarakat dan menjadikan masyarakat senang dilayani," jelasnya. (Hes)