Beri Kenyamanan Ibadah Ramadan, Baznas Terjunkan Tim Bersih Masjid

Umbulharjo-Menjelang Ramadhan 1444 Hijriah Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Yogyakarta bersama komunitas cinta masjid menggelar aksi bersih masjid dan perbaikan sound system atau alat pengeras suara di tempat ibadah tersebut.

Ketua Baznas Kota Yogyakarta Syamsul Azhari mengatakan selain menggandeng komunitas cinta masjid, kegiatan ini juga dibantu oleh Dewan Masjid Indonesia (DMI).

"Pada minggu ini kami berencana akan membersihkan 37 masjid dan mushola," katanya saat ditemui di kantornya, Senin (27/2/2023).

Syamsul menerangkan program bersih masjid bertujuan agar tempat ibadah umat muslim di Kota Yogyakarta dalam kondisi bersih dan tidak kumuh.

"Sehingga menjadi nyaman bagi jamaah dan tidak menjadi tempat penularan berbagai penyakit, termasuk Covid-19," jelasnya.

Pembersihan masjid dilakukan secara menyeluruh, baik di sisi dalam maupun luar. "Seperti halaman, teras, dinding-dindingnya, lantai, karpet, tempat wudhu, toilet, bahkan sampai ruang marbot," ujarnya.

Sementara untuk perbaikan alat pengeras suara, Baznas Kota Yogyakarta memiliki tim dengan personel terlatih untuk membantu memperbaiki alat pengeras suara, sehingga suara yang dihasilkan sesuai dengan tingkat kekerasan yang diizinkan.

"Aturan ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri Agama nomor 05 tahun 2022 tentang Pedoman Penggunaan Pengeras Suara di Masjid dan Mushola," ujarnya.

Layanan ini dapat diakses masyarakat secara gratis dengan cara menghubungi Baznas Kota Yogyakarta. “Dengan catatan lokasi masjid dan mushola berada di wilayah Kota Yogyakarta,” katanya.

Pihaknya berharap dengan kegiatan bersih masjid ini menjadikan umat Islam di Kota Yogyakarta lebih khusyu dan nyaman dalam beribadah di masjid selama bulan Ramadhan.

“Dengan kondisi bersih, tempat ibadah menjadi nyaman digunakan untuk kegiatan ibadah selama Ramadhan,” katanya. (Han)