PSC 119 YES Respon Kegawatdaruratan di Kota Yogya dalam 15 Menit

Umbulharjo-Sekda Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya melakukan monitoring ke layanan Public Safety Center (PSC) 119 Yogyakarta Emergency Service (YES) yang berada di komplek Balaikota Yogyakarta, Senin (28/2/2023).

Dalam kunjungannya tersebut Aman meminta kepada para petugas PSC 119 YES agar terus meningkatkan kualitas layanan sehingga masyarakat Kota Yogyakarta yang membutuhkan layanan kegawatdaruratan medis bisa mengakses dengan cepat dan mudah.

Aman mengungkapkan beberapa keunggulan layanan ini adalah telah dilengkapi SDM seperti dokter umum yang turun langsung ke lapangan.

"Selain itu kami juga memiliki driver ambulan dan perawat yang terlatih. Layanan PSC 119 YES ini memiliki 4 dokter, 16 perawat, dan 12 pengemudi," ujarnya.

Sementara itu Kepala UPT PSC 119 YES, Dadan Andriyanto menjelaskan bahwa layanan tersebut merupakan integrasi dari layanan inovasi Pemerintah Kota Yogyakarta yaitu YES yang sudah ada sejak 2008.

''PSC 119 YES memberikan pelayanan penanganan pertama kegawatdaruratan maupun kecelakaan atau pra-hospital yang terjadi di masyarakat dan bantuan rujukan ke rumah sakit yang bekerjasama dengan PSC 119 YES," ujarnya.

Pihaknya menegaskan jika penanganan kegawatdaruratan tersebut prosesnya tidak lebih dari 15 menit setelah memperoleh informasi.

"Kami berkomitmen menjaga `response time` kurang dari 15 menit sejak memperoleh informasi," katanya.

Layanan ini, lanjutnya juga telah bekerjasama dengan Rumah Sakit jejaring seperti RS Jogja, RS dr Soetarto, RS PKU Muhammadiyah Kota Yogyakarta, RSKB Soedirman, RS Bethesda, RS Bethesda Lempuyangan, RS Panti Rapih, RSI Hidayatullah, RS Ludira Husada Tama, RS Happy Land, dan RS Pratama.

Dadan menjelaskan pelayanan yang diberikan PSC 119 YES kepada masyarakat ini bebas biaya alias gratis.

Selanjutnya, bagi masyarakat maupun wisatawan atau siapapun yang mengalami kecelakaan atau kegawatdaruratan yang lokasinya di Kota Yogyakarta, maka Pemerintah Kota Yogyakarta akan menanggung biaya pengobatan selama 1x24 jam.

"Pengguna layanan dapat menghubungi operator melalui telepon lokal (0274) 420118, call center 119, nomor Whats App 08112979400, dan melalui aplikasi JSS," pungkasnya. (Han)