Penjabat Walikota Lantik 94 Pejabat Pemkot Yogya

Umbulharjo-Penjabat Walikota Yogyakarta, Sumadi melantik dan mengambil sumpah Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama, Administrator dan Pengawas di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta, Selasa (28/2/2022) di Graha Pandawa Balaikota.

Pelantikan pegawai Pemkot Yogya ini berjumlah 94 orang yang terdiri dari dua Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, 26 Jabatan Administrator dan 66 Jabatan Pengawas.

Dua Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama ini adalah Budi Santosa, dan Octo Noor Arafat. Budi Santosa yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik kini menjabat sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu satu Pintu.

Sementara Octo Noor Arafat yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan kini menjabat sebagai Kepala Satuan Polisi Pamong Praja.

Usai melantik, Penjabat Walikota mengatakan pelantikan pejabat struktural di lingkungan Pemkot Yogyakarta merupakan bagian dari penyegaran organisasi dalam rangka pemantapan dan peningkatan kelembagaan serta merupakan bagian dari pola pembinaan karier pegawai.

"Keberadaan jabatan-jabatan tersebut di Pemerintah Kota Yogyakarta merupakan elemen penting dalam penerapan reformasi birokrasi yang merupakan sebuah komponen strategis dalam penyelenggaraan pelayanan publik," ujarnya.

Menurutnya untuk mewujudkan birokrasi yang dinamis, lincah, dan profesional, mekanisme kerja baru perlu diterapkan guna membangun budaya kerja baru yang lebih relevan di era digital.

"Termasuk kebutuhan pelayanan masyarakat secara efektif, efisien, cepat, tepat sasaran, tepat guna, serta tepat manfaat," bebernya.

Adanya penataan jabatan tersebut, lanjutnya, diharapkan mampu menjawab tantangan yang selalu berkembang dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat. (Han)