Wujudkan ASN Jogja Unggul Melalui Peningkatan Kemampuan Public Speaking

Pakualaman – Program yang dilakukan oleh Pemkot Yogya tidak mampu berjalan dengan baik, dan penyelenggaraan layanan tidak mampu teropinikan dengan baik, apabila cara berkomunikasinya tidak tepat. Inilah kenapa kemampuan public speaking jadi hal penting yang harus dikuasai oleh ASN.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya, pada kegiatan Pelatihan Publik Speaking kepada 45 Lurah Kota Yogyakarta, yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), di Hotel Jambuluwuk selama dua hari pada 1 hingga 2 Maret 2023, bekerja sama dengan PT Veda Alterasi Indonesia.

Menurut Aman, Lurah memiliki peranan penting sebagai ujung tombak dalam mengkomunikasikan program dan layanan Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta kepada masyarakat di setiap wilayah. Maka dari itu kemampuan komunikasi yang baik, merupakan satu hal yang harus dikuasai untuk mampu mengkondisikan masyarakat yang merupakan sasaran program.

“Tugas kita tidak hanya sekadar merumuskan dan mendesain program kegiatan ataupun bentuk layanan yang maksimal, tapi juga bagaimana cara kita menyampaikannya ke masyarakat, untuk memastikan tanggapan dan pengalaman masyarakat terhadap program dan layanan Pemkot Yogya itu baik,” jelas Aman pada Rabu (1/3).

Melalui pelatihan public speaking ini adalah salah satu cara kita, untuk memahami bagaimana berkomunikasi dengan baik, lanjut Aman. Cara komunikasi yang baik juga harus dilakukan dengan konsolidasi dan koordinasi internal yang optimal terlebih dahulu, agar kita paham dan mengerti tentang konten informasinya.

“Teman-teman di kelurahan juga harus memahami konten lintas sektoral secara umum, sehingga saat ditanya dan menjelaskan suatu hal, bisa memunculkan keyakinan serta kepercayaan dari masyarakat terhadap apa yang kita sampaikan,” lanjut Aman.

Aman juga menambahkan, supaya komunikasi berjalan efektif harus dilakukan observasi kepada sasaran masyarakat. Sebab masyarakat memiliki karakter yang beragam, agar metode komunikasi untuk penyampaian program dan layanan yang dilakukan tepat, serta memahami lebih mendalam kondisi sebenarnya yang terjadi di masyarakat.

“Hal yang tidak kalah penting dalam berkomunikasi dengan masyarakat adalah kita harus totalitas dengan apa yang kita lakukan, berikan nyawa dan warna ketika menjalankan tugas. Sehingga daya terima dari semuanya akan menjadi lebih baik,” tambahnya.

Sementara itu Kepala BKPSDM Kota Yogyakarta, Dedi Budiono menyampaikan, kegiatan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan komunikasi ASN Pemkot Yogyakarta.

“Ini adalah bagian dari untuk mewujudkan ASN Jogja Unggul, dengan membangun ASN profesional, yaitu yang punya kemampuan untuk melakukan banyak hal, salah satunya adalah dengan memiliki keterampilan komunikasi, yang merupakan kemampuan umum yang harus dimilki setiap ASN,” tutupnya. (Jul)