Kotabaru Siap Jadi Wisata Premium Malam Hari

Gondokusuman-Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta terus berupaya mendorong kawasan Kotabaru menjadi spot wisata premium.

Sekda Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya mengungkapkan sebagai area heritage atau cagar budaya, kawasan Kotabaru dinilai sangat cocok untuk dijadikan sebagai destinasi wisata alternatif selain Malioboro maupun Kotagede.

"Kotabaru akan mengusung tema destinasi wisata premium lewat sejumlah paket-paket wisata. Ciri khas bangunan heritage peninggalan zaman Belanda akan menjadi salah satu daya tarik yang ditawarkan," katanya saat melakukan monitoring fasilitas publik di Kotabaru, Kamis (2/3/2023).

Bahkan Pemkot Yogyakarta telah sepakat akan membranding kawasan Kotabaru dengan 'selamat malam Kotabaru'. "Ini juga untuk mengingatkan kepada masyarakat bahwa kawasan Kotabaru adalah malamnya Jogja," ujarnya.

Untuk itu, lanjutnya, Pemkot Yogyakarta telah menyusun kalender event di sepanjang tahun 2023 untuk mengisi geliat di kawasan Kotabaru.

"Event ini nanti juga kita pilihnya pada malam hari, disini juga telah tersedia berbagai kuliner, ada coffee shop, resto dan hotel," bebernya.

Menurutnya kawasan Kotabaru yang berada di jantung Kota Yogyakarta tidak bisa dipisahkan dari sejarah panjang di masa lampau.

"Hal ini menjadi daya tarik tersendiri untuk dikenalkan secara luas. Belum lagi dengan segudang potensi diantaranya sejarah, budaya, serta kuliner yang ada di kawasan tersebut," bebernya. (Han)