Perpustakaan Kota Tumbuhkan Minat Baca Lewat Talita

Gondokusuman-Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Yogyakarta terus berkomitmen meningkatkan minat baca siswa. Salah satu upaya tersebut melalui program Talita atau Wisata Pengenalan Literasi di Perpustakaan Kota Yogyakarta.

Pelaksana Tugas Kepala DPK Kota Yogyakarta, Suryatmi mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan profil perpustakaan dengan harapan dapat menumbuhkan minat baca di kalangan anak.

"Ini juga sebagai fasilitas dari DPK Kota Yogyakarta kepada masyarakat," bebernya di kantornya, Jumat (3/3/2023).

Dalam program Talita ini para siswa akan diajak berkeliling melihat setiap sudut ruang perpustakaan (library tour) dengan tujuan mengenalkan lingkungan perpustakaan. Selain itu siswa juga dibekali keterampilan memanfaatkan perpustakaan dengan story telling serta pendidikan pemustaka.

Dalam pemberian materi para pemustaka menggunakan metode berbasis aktivitas yang menyenangkan, sehingga memudahkan anak dalam memahami materi. "Kegiatan dilakukan dengan berbagai pendekatan belajar sehingga anak-anak antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan," jelasnya.

Kegiatan ini berdurasi selama dua jam dan terbuka untuk para siswa sekolah dasar di wilayah Kota Yogyakarta. "Diharapkan dengan rangkaian kegiatan tersebut dapat mengenalkan perpustakaan serta menarik perhatian anak-anak untuk dapat mencintai buku dan gemar membaca buku," ujarnya.

Bagi sekolah yang ingin mengakses layanan tersebut bisa menghubungi nomor +62 812-2721-7877. (Han)