Tanamkan Cinta Tanah Air, Pemkot Yogya Edukasi Wawasan Bela Negara

Pakem-Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Yogyakarta menggelar kegiatan pembinaan kesadaran bela negara yang diikuti seluruh siswa SMP se Kota Yogyakarta.

Kepala Bidang Kesatuan Bangsa Kesbangpol Kota Yogya, Bernadus Bayu Laksmono mengatakan tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut adalah untuk memperkokoh semangat persatuan dan kesatuan bangsa terutama bagi generasi muda.

"Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kedisiplinan kepada anak-anak sejak usia dini dan juga meningkatkan jiwa patriotisme." ujarnya di Villa Eden Kaliurang, Kamis (16/3/2023).

Menurutnya kesadaran bela negara sangat penting ditanamkan sebagai landasan sikap dan perilaku bangsa Indonesia terutama untuk para generasi muda yang merupakan ujung tombak bangsa.

"Mengingat Kota Yogyakarta dihuni oleh berbagai suku yang ada di Indonesia yang mempunyai latar belakang berbeda-beda, maka rentan adanya ancaman, gangguan dan hambatan untuk terciptanya masyarakat yang kondusif," bebernya.

Pihaknya menegaskan bela negara merupakan sebuah kewajiban bagi seluruh rakyat Indonesia, karena kedamaian dan ketentraman saat ini merupakan sebuah anugerah yang tidak didapatkan secara mudah, melainkan melalui pertumpahan darah para pejuang Indonesia.

“Bela negara tidak saja dipahami sebagai angkat senjata, tapi di era sekarang yang lebih penting para kaum milenial melaksanakan sesuai bidangnya masing-masing," ungkapnya.

Pihaknya berharap dengan adanya acara tersebut dapat menghasilkan generasi yang tangkas, tangguh, dan berintegritas tinggi terhadap permasalahan bangsa Indonesia.

Dalam acara ini juga menghadirkan narasumber dari perwakilan Kodim 0734 yang membahas tentang upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan peran seluruh elemen masyarakat terutama anak muda dalam meningkatkan pemahaman dan dapat menumbuhkan semangat bela negara. (Han)